8 Inspirasi Menu Masakan di Hari Idul Adha Pakai Olahan Daging Kurban



MOMSMONEY.ID - Sebentar lagi menyambut Hari Raya Idul Adha. Rasanya tak akan lengkap jika tak menyuguhkan beragam hidangan masakan khas yang menggunakan daging kurban.

Beragam masakan tradisional Indonesia berikut ini kerap kali disajikan dan menjadi menu wajib yang harus disantap keluarga saat hari raya Umat Muslim dimulai. Simak beberapa inspirasinya berikut ini.

Baca Juga: 2 Resep Sop Buntut Sapi, Berdaging Empuk dan Kuahnya Kaya akan Kolagen


Sop buntut

Jangan khawatir apabila Anda mendapat bagian daging kurban berupa buntut sapi. Anda dapat mengolahnya menjadi sop buntut yang beraroma.

Sop buntut dimasak dengan berbagai jenis rempah sehingga kuah maupun dagingnya punya cita rasa yang nendang abis. Tak hanya itu, kuah sop buntut juga mengandung kolagen super banyak yang baik untuk kulit, loh!

Baca Juga: 4 Kesalahan yang Umum Kerap Dilakukan saat Masak Rendang Sajian Lebaran

Rendang

Rendang adalah salah satu menu wajib saat perayaan Hari Raya Islam seperti Idul Fitri maupun Idul Adha.

Mungkin Anda berpikir bahwa daging kurban akan sulit dijadikan sajian rendang karena super alot. Namun sebenarnya untuk membuat rendang, Anda tak perlu menggunakan bagian daging empuk seperti paha maupun has dalam.

Bagian daging seperti Sampil yang terletak di antara leher dengan bahu adalah bagian daging yang paling baik jika diolah menjadi rendang. Sebab dengan memasak selama berjam-jam, bagian daging Sampil akan melunak namun tak akan jadi super lembek seperti has dalam.

Baca Juga: Sate Banjar-Klathak, Inilah 10 Jenis Sate di Seluruh Penjuru Indonesia

Sate

Sate adalah menu pertama yang terlintas di pikiran Anda saat ingin mengolah daging kurban, bukan? Bagaimana tidak, sate sangat mudah dibuat dan hanya memerlukan bahan & bumbu yang tak terlalu banyak.

Selain itu, aneka jenis potongan daging dapat diolah jadi sate. Jadi, sate memang menu masakan paling aman untuk segala bagian daging yang didapatkan.

Baca Juga: 10 Jenis Soto di Seluruh Penjuru Indonesia, Soto Lamongan-Soto Banjar

Gulai

Gulai bisa jadi inspirasi masakan olahan daging kurban yang cocok Moms hidangkan kepada keluarga.

Ada banyak jenis gulai di seluruh Nusantara, mulai dari gulai sapi, kambing, ayam, nangka, hingga gulai belacan khas Riau.

Gulai memiliki kekhasan berupa warna kuahnya yang kuning dan berasal dari berbagai rempah seperti kunyit, jahe, kemiri, lengkuas, adas, pala, hingga santan.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Potongan Daging Sapi dari yang Paling Empuk hingga Alot

Tongseng

Daging kurban juga dapat diolah menjadi masakan seperti tongseng. Tongseng sendiri merupakan makanan sejenis gulai, namun memiliki bumbu yang lebih terasa yang berasal dari rempah-rempah.

Tongseng dibuat dengan daging yang masih melekat pada tulang, terutama iga dan tulang belakang. Umumnya, tongseng menggunakan daging kambing, tapi bisa juga menggunakan daging sapi.

Melansir dari Bango, aneka rempah yang digunakan dalam masakan tongseng di antaranya adalah jahe, kunyit, cabai, bawang putih, dan lada.

Baca Juga: Tips Mengolah Masakan Rendang ala Chef Terkenal Supaya Dagingnya Super Empuk

Rawon

Rawon juga bisa jadi salah satu inspirasi masakan olahan daging kurban.

Sup berkuah hitam pekat yang diambil dari bumbu kluwak ini asalnya dari daerah Ponorogo. Menu rawon cocok disajikan sebagai salah satu masakan Lebaran yang dapat dihidangkan dengan aneka menu wajib lainnya seperti opor ayam hingga sambal goreng kentang.

Baca Juga: 8 Ragam Bagian Daging Sapi sesuai Karakteristik Kealotan Daging, Jadi Masakan Apa?

Semur daging

Semur juga bisa jadi salah satu inspirasi masakan olahan daging kurban yang wajib dihidangkan di meja makan saat perayaan Idul Adha.

Secara tampilan, semur daging mirip dengan rendang. Bedanya, jika rendang kuahnya sedikit bahkan tidak ada sama sekali, sedangkan semur daging berkuah cair.

Semur daging punya rasa manis & sedikit pedas. Poin utama semur terletak pada bumbu rahasianya, yakni kombinasi cengkih, pala, dan kayu manis.

Daging yang digunakan pun adalah daging sapi bagian has luar yang dipotong-potong.

Baca Juga: Perbedaan Daging Merah vs Daging Putih, Mana yang Kandungan Nutrisinya Lebih Tinggi?

Dendeng Balado

Jika daging kurban yang Anda dapatkan adalah bagian has dalam, Anda dapat mengolahnya menjadi dendeng balado khas Sumatera Barat.

Dendeng balado adalah jenis daging yang diiris tipis, direbus, dijemur, dan kemudian digoreng hingga garing. Sambal yang digunakan pada menu olahan daging kurban, Dendeng Balado, ini tak terlalu pedas karena menggunakan jenis cabai yang besar-besar.

Itulah berbagai inspirasi masakan olahan daging kurban yang bisa Anda gunakan sebagai referensi memasak di momen Idul Adha nanti.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti