8 Manfaat Daun Lavender yang Tak Banyak Diketahui Khasiatnya



MOMSMONEY.ID - Lavender merupakan tanaman yang memiliki aroma wangi. Namun, ternyata daun lavender memiliki manfaat, lho. Berikut ini terdapat manfaat daun lavender yang tidak banyak diketahui. 

Faktanya, manfaat daun lavender ini memiliki kegunaan baik di rumah maupun di kebun. 

Baca Juga: Tak Banyak yang Tahu, Intip Khasiat Rebusan Daun Sirsak untuk Kesehatan Anda


Mengutip Balcony Garden Web, berikut ini manfaat daun lavender :

1. Kompos Alami

Setelah pemangkasan, semua sisa potongan tanaman cocok untuk dijadikan mulsa. Daun lavender kering meningkatkan drainase dalam tanah dan membantu mengendalikan gulma.

Untuk pengomposan, Anda dapat membelah daunnya yang panjang dan kurus menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dengan mesin pemotong rumput, sehingga daun tersebut terurai dan lebih efektif.

Dan tidak harus segar. Sisa dedaunan yang sudah kering dan tua juga dapat ditambahkan ke kompos untuk membuat campuran yang kaya nutrisi!

Baca Juga: Banyak Khasiat yang Didapatkan, Catat 9 Manfaat Daun Pepaya Untuk Kesehatan

2. Pengisir Hama

Wangi lavender terkenal dapat mengusir hama dan mengusir rusa. Selain menanam lavender sebagai pembatas dan pagar, Anda dapat merendam daun lavender kering dalam air untuk meramu campuran daun yang aromatik dalam bentuk semprotan.

Saring dan semprotkan sedikit di kebun dekat tanaman Anda. Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial lain ke dalam campuran ini untuk membuatnya lebih kuat.

Anda juga dapat mengemas kantung kecil berisi daun dan bunga lavender kering, lalu menggantungnya di mana pun Anda suka, termasuk di taman, lemari, kamar mandi, dan lain sebagainya agar wanginya lebih harum.

Daun lavender mengandung senyawa seperti linalool dan linalil asetat, yang memberikan aroma kuat dan juga mengusir nyamuk, siput, dan bekicot. 

3. Tambahkan ke Minuman dan Salad

Seperti bunga kering, daun lavender sangat cocok untuk memberi rasa pada makanan dan minuman. Tambahkan lavender ke dalam teh, limun, dan koktail, dan bahkan masukkan ke dalam salad untuk mendapatkan sentuhan segar pada resep favorit Anda. Rasa lavender cocok dipadukan dengan keju kambing, quinoa, dan buah jeruk.

4. Minyak Esensial Buatan Sendiri

Minyak esensial murni bisa mahal dan sering kali dipalsukan. Jadi, lupakan saja tentang membuat koleksi minyak lavender asli dan berkualitas murni kecuali Anda memilih sendiri bahan-bahan dari halaman belakang rumah dan membuatnya sendiri di rumah!

Isi toples kaca gelap dengan 1,5 cangkir daun lavender segar atau kering dan 2 cangkir minyak pembawa, seperti minyak kelapa, minyak jojoba, minyak zaitun, atau minyak almond. Tutup toples dan simpan di tempat yang sejuk dan kering selama 2-4 minggu, sesekali kocok campuran tersebut.

Terakhir, saring campuran menggunakan penyaring kopi atau kain kasa ke dalam botol kaca gelap dengan pipet. Dan voila! Minyak esensial lavender buatan Anda siap digunakan. Jauhkan dari sinar matahari, anak-anak, dan hewan peliharaan.

5. Buat Tingtur Lavender

Anda dapat membuat  tingtur dengan daun lavender untuk digunakan secara topikal guna meredakan sakit kepala dan meredakan insomnia, kecemasan, stres, iritasi, dan kram.

Baca Juga: Manfaat Daun Bidara untuk Menurunkan Berat Badan, Catat 6 Khasiat Ini

Campurkan secangkir daun lavender segar atau kering dengan dua cangkir vodka atau gliserin dalam botol kaca kedap udara. Kocok setiap hari agar lebih meresap, lalu saring dan simpan dalam botol kaca gelap dengan pipet tetes.

Anda juga dapat menggunakannya dengan minyak pembawa untuk dioleskan pada gigitan serangga atau masalah kulit seperti jerawat atau eksim. Selalu gunakan varietas lavender yang dapat dimakan dan jauhkan tingtur dari sinar matahari, hewan peliharaan, dan anak-anak.

6. Tambahkan ke Potpourri

Untuk campuran potpourri lavender sederhana, tambahkan masing-masing secangkir daun kering dan kelopak mawar, setengah cangkir marigold kering, seperempat cangkir kulit lemon kering, dan dua sendok makan bubuk akar orris sebagai bahan pengikat.

Anda juga dapat meningkatkan aromanya dengan minyak esensial seperti lemon, geranium, atau lavender, tetapi tambahkan sedikit saja.

Gunakan campuran tersebut dalam mangkuk dekoratif di kamar mandi atau susun sachet di lemari atau laci dan simpan sisanya dalam wadah kedap udara.

7. Kerajinan DIY

Daun lavender dapat menambahkan aroma alami dan indah pada beberapa kerajinan DIY. 

Baca Juga: Manfaat Daun Pandan Untuk Mengurangi Risiko Kanker, Cek 8 Khasiat Ini

Campurkan daun lavender kering dengan bunga dan daun kering lainnya untuk membuat rangkaian bunga dan karangan bunga yang indah, atau buatlah buket bunga kering dan pajang di teras dan balkon.

8. Makanan Penutup

Minuman dan salad adalah satu hal, tetapi makanan penutup dan makanan panggang adalah hal yang sama sekali berbeda! Daunnya membantu menambahkan aroma bunga yang unik, menjadikan resep biasa menjadi luar biasa.

Ranting daun lavender kering dalam scone, lemon bar, kue kering, kue, dan muffin sungguh memikat. Dan herba ini berfungsi sebagai bumbu kering yang nikmat untuk membumbui resep daging seperti daging domba, tusuk sate udang, dan ayam panggang.

Nah itulah beberapa manfaat daun lavender yang tidak banyak diketahui khasiatnya. 

Selanjutnya: Profit 18,98% Setahun, Harga Emas Hari Ini Naik (20 September 2024)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria