8 Manfaat Daun Talas, Efek Sampingnya untuk Kesehatan, dan Cara Memasaknya



Manfaat Daun Talas - Mungkin masih jarang masyarakat Indonesia yang mengolah daun talas sebagai makanan karena mengandung racun. Padahal, ada banyak sekali manfaat daun talas untuk kesehatan. 

Daun talas adalah bahan yang umum dalam masakan Asia, Karibia, Timur Tengah, dan Afrika. Tanaman talas adalah tanaman tropis, yang awalnya dibudidayakan untuk akarnya yang dapat dimakan dan diambil umbinya. 

Umbi talas ini adalah makanan pokok di banyak negara. Sementara daun talas memiliki daun berbentuk hati, yang juga bisa dimakan.


Baca Juga: Apa Saja Manfaat Toge untuk Tubuh? Salah Satunya Mengurangi Risiko Kanker

Namun, hindari mengonsumsi daun talas mentah karena bisa mengandung racun. Salah satu jenis olahan daun talas yakni buntil hingga tumis yang dapat dicampur dengan bahan lain. 

Tanaman talas secara ilmiah diklasifikasikan sebagai Colocasia esculenta. Talas diketahui pertama kali dibudidayakan sekitar 5000 SM di Asia Tenggara dan dianggap sebagai salah satu tanaman budidaya tertua di dunia.

Budidaya talas menyebar ke bagian lain dunia (terutama pulau-pulau Pasifik) karena para pelaut Polinesia sering membawa tanaman talas sebagai sumber makanan. 

Lantas, apa saja manfaat daun talas untuk kesehatan? 

Baca Juga: Cek 6 Manfaat Toge Untuk Kesehatan Jika Sering Dikonsumsi

Kandungan daun talas 

Kandungan daun talas bisa dibilang sangat kaya akan nutrisi. Sayuran ini rendah kalori namun dengan kandungan serat yang tinggi.

Manfaat daun talas berfungsi sebagai pelengkap nutrisi untuk diet seimbang. Satu porsi 1 cangkir (145 gram) daun talas yang sudah dimasak menyediakan:

  • Kalori: 35
  • Karbohidrat: 6 gram
  • Protein: 4 gram
  • Lemak: kurang dari 1 gram
  • Serat: 3 gram
  • Vitamin C: 57% dari Nilai Kebutuhan Harian (DV)
  • Vitamin A: 34% dari DV
  • Kalium: 14% dari DV
  • Folat: 17% dari DV
  • Kalsium: 13% dari DV
  • Besi: 10% dari DV
  • Magnesium: 7% dari DV
  • Fosfor: 6% dari DV
Baca Juga: 20 Wisata Alam dan Sejarah di Semarang untuk Akhir Pekan

Manfaat daun talas untuk kesehatan 

Nah, berikut sederet manfaat daun talas sebagaimana dilansir dari laman Healthline dan buku "Tanaman Upakara" (2021) oleh I Nyoman Subagia, dkk:

1. Meningkatkan imunitas 

Kandungan daun talas salah satunya adalah antioksidan. Makanan yang mengandung antioksidan tingkat tinggi dapat membantu mengurangi molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. 

Baca Juga: Kaya Vitamin dan Mineral, Ini Manfaat Teh Kelor untuk Kesehatan

Radikal bebas, jika dibiarkan tidak terkendali, dapat meningkatkan peradangan dalam tubuh. Hal itu dapat menyebabkan berbagai kondisi, seperti kanker, gangguan autoimun, dan penyakit jantung.

Manfaat daun talas adalah sebagai sumber vitamin C dan polifenol yang sangat baik. Daun talas membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara efisien. 

Beberapa sel, terutama sel-t dan fagosit dari sistem kekebalan memerlukan vitamin C agar bisa berfungsi dengan baik. Jika vitamin C dalam tubuh terlalu rendah, sistem kekebalan tidak mampu melawan pathogen.  

Baca Juga: Cek 7 Manfaat Ketumbar Untuk Kesehatan Tubuh, Jangan Lewatkan!

2. Menurunkan tekanan darah tinggi 

Manfaat daun talas juga bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi karena adanya saponin, tanin, karbohidrat, dan flavonoid. 

Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan stroke, merusak pembuluh darah otak, dan menghalangi aliran darah ke otak. Tekanan darah tinggi juga bisa menyebabkan penyakit jantung iskemik. 

Sehingga, mengonsumsi daun talas juga bisa bermanfaat bagi kesehatan jantung. 

Baca Juga: Manfaat Daun Binahong Untuk Kesehatan Tubuh, Ada 6 Hal yang Wajib Diketahui

3. Mencegah diabetes 

Manfaat daun talas juga bisa membantu mencegah diabetes. Sebab, daun talas mengandung etanol. Sebuah studi pada tikus diabetes menemukan bahwa ekstrak etanol dari Colocasia esculenta dapat menurunkan kadar glukosa darah. 

Diabetes jika tidak diobati dapat menyebabkan kerusakan ginjal, kerusakan saraf, dan penyakit jantung. 

Baca Juga: Resep Ayam Kukus Saus Tiram, Inspirasi Menu Diet Sehat yang Tetap Enak

4. Mengatasi masalah pencernaan 

Manfaat daun talas juga bisa mengatasi masalah pencernaan karena kaya akan serat. Daun ini juga mendukung pertumbuhan mikroba Escherichia coli dan Lactobacillus acidophilus yang bermanfaat dalam pencernaan. 

5. Mencegah kanker

Manfaat daun talas juga bisa membantu mencegah kanker. Daun talas merupakan sumber vitamin C yang sangat baik atau antioksidan yang larut dalam air. 

Vitamin ini memiliki efek antikanker yang kuat yang menghambat pertumbuhan tumor, kanker, dan menurunkan perkembangan proliferasi sel kanker. 

Baca Juga: Resep Ayam Kukus Saus Tiram, Inspirasi Menu Diet Sehat yang Tetap Enak

6. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Daun talas termasuk dalam kategori sayuran yang disebut sayuran hijau tua. Mengonsumsi sayuran hijau tua secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung hingga 15,8% berdasarkan studi tahun 2016.

Manfaat daun talas juga menyediakan sumber nitrat yang membantu meningkatkan tekanan darah yang sehat.

Oleh karena itu, mengonsumsi daun talas dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung.

Baca Juga: Resep Ayam Kukus Saus Tiram, Inspirasi Menu Diet Sehat yang Tetap Enak

7. Menjaga kesehatan mata

Manfaat daun talas juga bisa untuk menjaga kesehatan mata. Daun talas mengandung vitamin A yang baik buat mata.

Bahkan minum air rebusan daun talas bisa menaikkan kesehatan mata serta mencegah aneka macam gangguan mata seperti kebutaan serta katarak.

Baca Juga: Ketahui Apa Saja Nutrisi dan Manfaat Talas untuk Kesehatan

8. Makanan sehat untuk diet seimbang

Daun talas mengandung karbohidrat, rendah lemak, dan rendah kalori. Hal ini bagus untuk diet secara sehat. 

Daun talas juga merupakan sumber serat yang baik. Selain itu, daun ini memiliki kandungan air yang tinggi, dengan 92,4% terdiri dari air.

Kandungan serat dan air yang tinggi telah terbukti membantu mengontrol berat badan karena membuat tubuh merasa kenyang. Jika ingin mencapai berat badan ideal, Anda bisa mengonsumsi daun talas sebagai pengganti makanan berkalori tinggi.  

Baca Juga: Yuk, Apresiasi Ragam Budaya Indonesia dengan Makan 6 Cemilan Asli Indonesia Ini

Daun talas beracun? 

Meski ada banyak manfaat daun talas untuk kesehatan, namun daun talas bisa sangat beracun jika dimakan mentah.

Daun talas memiliki kandungan oksalat yang tinggi, yang merupakan senyawa alami yang banyak ditemukan pada tumbuhan. Makanan tinggi oksalat berisiko menyebabkan batu ginjal.

Daun talas yang lebih muda mengandung lebih banyak oksalat daripada daun yang lebih tua, meski keduanya beracun saat mentah.

Baca Juga: Ini 6 Jenis Tanaman Hias yang Memiliki Daun Lebar

Selain itu, daun talas juga bisa menyebabkan rasa gatal di tenggorokan maupun di tangan. Sehingga, lebih baik menggunakan sarung tangan saat mengolahnya. 

Bisa juga dengan merendam daun talas dalam air semalaman untuk menghilangkan oksalat. Selain itu, cara menghilangkan oksalat daun talas dengan memasaknnya hingga matang atau lunak agar kandungan oksalatnya rendah atau hilang sehingga aman dikonsumsi. 

Lamanya waktu memasak daun talas yang direkomendasikan adalah 30 menit untuk daun talas yang direbus atau ditumis dan 1 jam jika diolah dengan cara dipanggang.

Baca Juga: Jenis-Jenis Tanaman Hias Berdaun Lebar yang Layak Jadi Koleksi di Rumah

Cara memasak daun talas

Daun talas yang dimasak memiliki rasa yang ringan dan pedas dengan sedikit rasa logam. Oleh karena itu, daun talas paling baik disajikan sebagai bagian dari hidangan sayuran.

Di Hawaii, daunnya juga disebut sebagai daun luau. Di sana, daun talas biasa dibuat hidangan yang disebut lau lau. 

Di daerah tertentu di India, daun talas digunakan untuk membuat hidangan yang disebut alu wadi. Caranya, daun talas dilumuri bumbu, digulung, dan dikukus selama 15–20 menit.

Baca Juga: Rekomendasi 6 Jenis Tanaman Hias Berdaun Lebar yang Populer

Sementara di Filipina, daun talas dimasak bersama santan dan rempah-rempah yang harum sehingga terciptalah masakan yang disebut laing. Daun talas juga bisa ditambahkan ke sup, semur, dan casserole. 

Terakhir, daun talas bisa dimasak dan ditumis mirip dengan sayuran berdaun hijau lainnya, seperti bayam dan kangkung. 

Itulah sederet manfaat daun talas yang apabila dimasak dengan benar, kandungan daun talas akan sangat dirasakan tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News