8 Rekomendasi Jus Buat Diet Terbaik untuk Menurunkan Berat Badan



MOMSMONEY.ID - Mau berat badan turun? Ayo coba konsumsi rekomendasi jus buat diet terbaik berikut ini!

Menurunkan berat badan adalah tujuan banyak orang yang ingin menjalani gaya hidup lebih sehat. Salah satu cara yang efektif dan alami untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan mengonsumsi jus yang kaya nutrisi.

Jus untuk diet bukan hanya dapat membantu menurunkan berat badan, tapi juga menambah asupan vitamin, mineral, dan serat penting yang dibutuhkan tubuh.


Baca Juga: 7 Khasiat Daun Jelatang bagi Kesehatan, Menurunkan Gula Darah

Melansir dari Healthline, di bawah ini adalah rekomendasi jus buat diet terbaik untuk menurunkan berat badan:

1. Jus Wortel

Wortel adalah sayuran yang kaya akan vitamin A dan karotenoid yang membantu mengurangi lemak tubuh. Wortel juga mengandung banyak serat yang membantu meningkatkan rasa kenyang dan mengatur nafsu makan. Penelitian menunjukkan bahwa jus wortel bisa membantu menurunkan lemak perut secara signifikan.

2. Jus Apel dan Kale

Jus apel dan kale adalah kombinasi jus buah dan sayuran yang kaya serat dan nutrisi. Kale memiliki sifat anti-inflamasi dan membantu menurunkan tekanan darah, sedangkan apel kaya akan serat yang mendukung pencernaan dan menstabilkan gula darah.

Menambahkan bahan seperti seledri, lemon, atau jahe dapat meningkatkan rasa dan manfaat kesehatannya.

Baca Juga: Makanan dan Minuman Terbaik untuk Mengatasi Migrain

3. Jus Seledri

Seledri rendah kalori dan mengandung banyak air yang membantu menurunkan berat badan. Satu cangkir jus seledri hanya memiliki sekitar 33 kalori dan lebih dari 95% kandungannya adalah air.

Selain itu, jus ini kaya antioksidan yang membantu mengurangi stres oksidatif dan melawan peradangan. Minuman ini cocok untuk diet karena bisa membantu menjaga rasa kenyang dan mendukung metabolisme tubuh.

4. Jus Bit

Jus bit sering dikonsumsi oleh atlet karena mengandung nitrat yang bisa meningkatkan kinerja fisik. Nitrat membantu meningkatkan efisiensi otot dan daya tahan tubuh, serta menurunkan tekanan darah dengan melebarkan pembuluh darah.

Meskipun sebagian besar serat dari bit dihilangkan saat dibuat jus, minuman ini tetap rendah kalori dan sangat bergizi, sehingga cocok untuk diet.

Baca Juga: Boleh Dicoba! Inilah Manfaat Jus Melon untuk Asam Lambung yang Luar Biasa

5. Jus Delima

Jus delima memiliki rasa yang segar dan kaya akan antioksidan serta polifenol yang dapat membantu menekan nafsu makan dan menurunkan berat badan.

Selain itu, jus ini memiliki efek anti-obesitas, anti-inflamasi, dan bahkan antikanker. Jus delima juga dapat membantu menjaga kadar gula darah stabil yang penting untuk mengontrol rasa lapar.

6. Jus Sayuran Hijau

Jus sayuran hijau, seperti bayam, kale, atau kubis, kaya akan serat dan rendah gula. Jus ini mengandung banyak antioksidan yang mendukung penurunan berat badan dan mencegah penambahan lemak.

Anda bisa menambahkan sayuran favorit lainnya seperti mentimun atau seledri untuk meningkatkan rasa dan manfaat kesehatannya. Jus ini juga membantu menjaga perut kenyang lebih lama.

Baca Juga: Perhatikan! Inilah Ciri-Ciri Kolesterol Naik yang Sering Terabaikan

7. Jus Semangka

Semangka adalah buah rendah kalori dan kaya akan air serta nutrisi seperti vitamin A dan C. Kandungan air yang tinggi dalam jus semangka membantu menghidrasi tubuh dan menjaga perasaan kenyang lebih lama, sehingga efektif dalam menurunkan berat badan.

Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi semangka secara teratur dapat mengurangi berat badan, lemak perut, dan rasa lapar.

8. Jus Lemon Jahe

Lemon dan jahe adalah kombinasi yang menyegarkan untuk jus penurunan berat badan. Lemon kaya akan antioksidan, sementara jahe dapat meningkatkan metabolisme dan mengurangi nafsu makan.

Jus ini juga memiliki sifat anti-diabetes, antikanker, dan anti-inflamasi, sehingga menjadikannya pilihan yang sehat untuk menambah variasi dalam diet Anda.

Baca Juga: Menilik Khasiat Susu Kedelai untuk Diet Menurunkan Berat Badan

Itulah rekomendasi jus buat diet terbaik untuk menurunkan berat badan. Selamat mencoba, ya!

 

Selanjutnya: Kolesterol Tinggi? Yuk, Coba Olahraga Terbaik untuk Menurunkan Kolesterol Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas