MOMSMONEY.ID - Selama Ramadan, berikut ini tips jitu jualan kuliner
online biar makin laris manis. Bulan Ramadan menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia, tak terkecuali bagi para pelaku usaha kuliner
online. Ramadan dianggap menjadi salah satu momentum baik dan peluang besar bagi pebisnis kuliner
online untuk menaikkan pendapatan.
Di tengah perubahan perilaku dan kebutuhan masyarakat di periode transisi pasca pandemi Covid-19, platform
online food delivery (OFD) tetap menjadi salah satu pilihan masyarakat untuk mendapatkan makanan favorit mereka di momen Ramadan seperti sahur atau buka puasa. Memanfaatkan momentum Ramadan, GoFood sebagai platform OFD terdepan di Indonesia, tahun ini memberikan pelatihan dan edukasi secara daring kepada ratusan mitra usaha kuliner dalam acara Temu KOMPAG (Komunitas Partner GoFood) Akbar.
Baca Juga: Modus Kejahatan Soceng Kian Berkembang, Ini Peringatan dari Telkomsel GoFood menghadirkan para pakar di bisnis kuliner. Yakni, Daniel Limas, pemilik usaha Garpu Pasta & Pizza dan mentor GoFood serta Eddy Sukmana,
food photographer profesional. "Sesuai komitmen GoFood untuk menjadi mitra terbaik pertumbuhan UMKM, kami senantiasa mendukung para mitra usaha kami untuk memaksimalkan peluang bisnis di setiap kesempatan, termasuk di bulan Ramadan," kata Felicia Wijaya, Head of Platform & GoFood Merchant Marketing. "Kali ini, kami memberikan ragam edukasi dan tips-tips ringan yang praktikal agar mereka dapat melayani pesanan pelanggan dengan maksimal sambil menumbuhkan bisnisnya," ujarnya dalam keterangan tertulis Senin (27/3). GoFood berharap, informasi yang mereka berikan dapat #LengkapiRamadan mitra usaha kuliner GoFood dalam memanfaatkan platform OFD untuk berjualan secara lebih optimal. Melalui acara Temu KOMPAG Akbar, para pakar di bidang bisnis kuliner membagikan tips dan trik dalam berjualan kuliner
online di bulan Ramadan.
Baca Juga: Tips ANT Project Kembangkan Bisnis Fashion Pria, Simak yuk Berikut 8 tips yang dapat dimanfaatkan pelaku usaha kuliner
online agar jualan makin laris manis, yaitu: 1. Pahami waktu favorit pelanggan selama Ramadan Pelaku usaha kuliner perlu mengetahui waktu-waktu yang tepat untuk berjualan agar usaha laris manis. Pertama, pada pukul 16.00-19.00, pelanggan mulai berselancar di platform OFD untuk mencari menu buka puasa dan melakukan transaksi. Pastikan para pelaku usaha kuliner telah menyediakan stok bahan baku untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Kedua, pada waktu sahur pukul 02.00-04.00. Tak banyak pelaku usaha kuliner yang membuka resto 24 jam, maka membuka resto di waktu sahur dapat menjadi kesempatan bagi pelaku usaha kuliner untuk meningkatkan omzet. 2. Jual menu yang paling dicari pelanggan Selain paham waktu terbaik untuk berjualan, pelaku usaha kuliner juga perlu memilih menu yang mudah diolah, agar proses dalam pengemasan menu makanan dapat dilakukan dengan cepat dan pelanggan tidak menunggu terlalu lama. Pelaku usaha kuliner dapat menjual menu khas berbuka puasa yang paling dicari oleh pelanggan selama Ramadan seperti es cendol, sop buah, aneka gorengan, hingga jajanan pasar.
Baca Juga: Memberi Modal Usaha untuk Orang Tua, Ditagih atau Diikhlaskan? 3. Hadirkan paket menu khusus ramadan Untuk menarik perhatian pelanggan, pelaku usaha kuliner dapat mengembangkan menu-menu paketnya. Seperti paket berbuka + gratis takjil, paket keluarga, paket sahur, paket Ramadan hemat, atau paket menu traktir driver untuk mengajak pelanggan berbagi kebaikan dan rezeki. 4. Buat promosi dan iklan untuk tarik minat pelanggan Promosi memberikan opsi bagi pelanggan untuk menikmati menu berbuka maupun sahur dengan lebih terjangkau, sementara iklan bisa jadi cara jitu menjangkau lebih banyak pelanggan. Di OFD, pelaku usaha kuliner dapat memilih ragam promosi berupa kampanye promo, diskon menu, maupun kategori iklan yang disediakan oleh penyedia platform.
Baca Juga: Ini Cara Membuat Konten TikTok untuk Memasarkan Produk Secara Online 5. Pastikan stok bahan baku aman Di tengah tingginya pesanan pelanggan, sangat penting untuk memastikan stok bahan baku sudah tersedia dan aman. Jika pelaku usaha kuliner membutuhkan stok bahan baku dengan jumlah banyak selama Ramadan, Anda dapat membuat perjanjian terlebih dahulu dengan supplier untuk memastikan tidak ada kenaikan harga. 6. Persiapkan karyawan cadangan Meningkatnya volume konsumen dan antisipasi lonjakan pesanan saat bulan Ramadan dapat pelaku usaha kuliner siasati dengan cara menambah karyawan cadangan. Meskipun resto sedang dalam kondisi ramai, pelayanan yang diberikan tetap dapat berjalan dengan lancar dan maksimal.
Baca Juga: Tips UMKM Perkuat Modal Lewat Kredit 7. Buat foto menu yang bercerita dan menggugah selera Sebanyak 90% informasi yang dikirim ke otak manusia bersifat visual sehingga foto menu memiliki peran krusial menjadi penentu pertama pelanggan dalam membeli atau tidaknya sebuah produk, khususnya di platform OFD. Di era
smartphone saat ini, pelaku usaha kuliner dapat membuat foto menu yang menarik dengan mudah dan hemat hanya dengan kamera
smartphone. 8. Manfaatkan kekuatan media sosial
Saat ini, banyak pelanggan yang mencari rekomendasi resto atau makanan melalui media sosial. Untuk semakin menunjang pemasaran resto selama bulan Ramadan, pelaku usaha kuliner dapat memanfaatkan media sosial sebagai
channel untuk menghadirkan konten-konten kreatif mengenai resto atau promo menarik. Itulah tips jitu jualan kuliner
online biar makin laris manis. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: S.S. Kurniawan