8 Tips Menggunakan Warna Putih untuk Interior Rumah yang Menawan



MOMSMONEY.ID - Warna putih adalah salah satu warna yang paling populer digunakan untuk interior rumah.

Memang, interior rumah dengan warna putih akan terlihat lapang, bersih, dan tidak akan ketinggalan zaman. Selain itu, warnanya yang simpel juga cocok untuk penyuka gaya interior minimalis.

Di sisi lain, banyak orang  yang menganggap warna putih terlalu sederhana dan membosankan. Padahal, jika digunakan dengan tepat, warna putih bisa membuat interior rumah Anda terlihat menawan, lo.

Tidak percaya? Yuk, simak penjelasan di bawah untuk mengetahui tips menggunakan warna putih pada interior rumah!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Pajangan yang Cocok untuk Rumah Bergaya Vintage

Pilih variasi warna putih yang tepat

Mengutip My Domaine, Anda perlu memilih variasi warna putih yang tepat karena akan menentukan kesan yang dihadirkan. Misalnya, warna putih yang kekuningan akan memberi kesan hangat, sementara warna putih kebiruan akan memberikan kesan dingin dan tajam.

Tentukan tema yang ingin digunakan

Karena termasuk warna netral, warna putih sangat mudah digunakan dalam gaya atau tema interior apa saja. Supaya interior rumah Anda tetap terlihat harmonis dan serasi, tentukan terlebih dulu tema yang ingin digunakan, misalnya minimalis, industrial, atau rustic.

Tambahkan dekorasi yang mencolok

Jika Anda suka memajang hiasan dinding atau dekorasi rumah yang mencolok, dinding berwarna putih adalah pilihan yang tepat. Dikutip dari bhg.com, warna putih yang bersih akan membantu menonjolkan hiasan dinding atau dekorasi yang Anda pajang di rumah.

Kombinasikan dengan warna netral dan pastel

Ruangan yang didominasi warna putih kadang dapat terasa kaku dan dingin. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengombinasikan warna putih dengan cat atau dekorasi berwarna netral atau warna pastel yang lembut seperti coklat, abu-abu, pink, biru, atau ungu. Kombinasi warna tersebut akan membuat rumah Anda terlihat nyaman tanpa terkesan berlebihan.

Baca Juga: Simpel dan Natural, Berikut Tips Mendekorasi Rumah dengan Warna Coklat

Beri perpaduan warna yang kontras

Jika kombinasi warna putih dengan warna netral atau pastel terasa membosankan, Anda bisa mencoba sesuatu yang lebih berani dengan mengombinasikan warna putih dengan warna gelap, misalnya hitam atau navy blue. Hal ini akan menciptakan kontras yang menarik perhatian dan membantu mengimbangi warna di rumah Anda.

Tambahkan material kayu

Dilansir dari laman sofasofa.co.uk, material kayu akan terlihat sangat cantik jika dipadukan dengan warna putih. Selain terlihat netral dan simpel, penggunaan material kayu pada furnitur, lantai, atau dekorasi rumah akan menambah warna earthy yang hangat dan membuat nyaman.

Baca Juga: Suka Warna Pink? Ini Tips Menggunakannya di Dekorasi Rumah

Tambahkan cermin

Warna putih dikenal dapat membantu interior rumah terasa cerah dan lapang. Untuk memaksimalkan kesan tersebut, Anda bisa memasang cermin besar di dinding rumah. Jika memungkinkan, pilihlah cermin dengan desain yang elegan dan memiliki bingkai kayu supaya terlihat cantik.

Pertimbangkan pencahayaan di ruangan

Terakhir, pertimbangkan kondisi pencahayaan di rumah Anda sebelum menggunakan warna putih. Di ruangan yang tidak mendapat banyak cahaya, warna putih dapat membantu memberi kesan lebih cerah. Sementara itu, di ruangan yang sudah cukup terang, kombinasikan warna putih dengan warna-warna hangat seperti coklat sebagai penyeimbang.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda gunakan saat menggunakan warna putih pada interior rumah. Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita