KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Survei UnaFinancial, sebuah perusahaan internasional yang berbasis di Singapura dan mengembangkan solusi keuangan digital menunjukkan masyarakat Asia Tenggara lebih banyak belanja di akhir tahun. Survei tersebut dilakukan terhadap 400 konsumen di Singapura, Filipina, Vietnam, dan Indonesia. Berdasarkan survei, negara yang paling banyak melakukan belanja di akhir tahun adalah Indonesia. Di mana 84% konsumen meningkatkan belanja pada periode tersebut. Angka tersebut tingkat nomor dua lebih tinggi dan hanya kalah dari Vietnam menjadikannya salah satu yang tertinggi di kawasan. "Di seluruh Asia Tenggara, 79% konsumen mengatakan bahwa mereka biasanya mengeluarkan lebih banyak uang menjelang akhir tahun," papar UnaFinancial dalam rilis. Menurut riset, segmen yang menjadi pendorong belanja paling besar adalah kebutuhan untuk bepergian sebesar 33% disusul belanja barang seperti pakaian dan elektronik 25% kebutuhan rumah tangga dan keluarga 20%, serta hadiah dan perayaan 19%.
84% Konsumen Indonesia Banyak Belanja di Akhir Tahun dan Biayai Pakai Utang
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Survei UnaFinancial, sebuah perusahaan internasional yang berbasis di Singapura dan mengembangkan solusi keuangan digital menunjukkan masyarakat Asia Tenggara lebih banyak belanja di akhir tahun. Survei tersebut dilakukan terhadap 400 konsumen di Singapura, Filipina, Vietnam, dan Indonesia. Berdasarkan survei, negara yang paling banyak melakukan belanja di akhir tahun adalah Indonesia. Di mana 84% konsumen meningkatkan belanja pada periode tersebut. Angka tersebut tingkat nomor dua lebih tinggi dan hanya kalah dari Vietnam menjadikannya salah satu yang tertinggi di kawasan. "Di seluruh Asia Tenggara, 79% konsumen mengatakan bahwa mereka biasanya mengeluarkan lebih banyak uang menjelang akhir tahun," papar UnaFinancial dalam rilis. Menurut riset, segmen yang menjadi pendorong belanja paling besar adalah kebutuhan untuk bepergian sebesar 33% disusul belanja barang seperti pakaian dan elektronik 25% kebutuhan rumah tangga dan keluarga 20%, serta hadiah dan perayaan 19%.
TAG: