KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hasil survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) menunjukkan fenomena menarik dalam perilaku konsumsi masyarakat kelas menengah. Sebanyak 86,6% responden dari kelompok ini mengaku kerap mengunjungi mal atau pusat perbelanjaan tanpa melakukan transaksi pembelian, yang populer disebut sebagai rombongan jarang beli (rojali). Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Alphonzus Widjaja, menilai fenomena tersebut tidak terlepas dari kondisi daya beli masyarakat, terutama di segmen menengah bawah, yang masih dalam tekanan.
86,6% Masyarakat Kelas Menengah Kunjungi Mal Tanpa Belanja, Begini Penjelasan APPBI
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hasil survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) menunjukkan fenomena menarik dalam perilaku konsumsi masyarakat kelas menengah. Sebanyak 86,6% responden dari kelompok ini mengaku kerap mengunjungi mal atau pusat perbelanjaan tanpa melakukan transaksi pembelian, yang populer disebut sebagai rombongan jarang beli (rojali). Ketua Umum Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI), Alphonzus Widjaja, menilai fenomena tersebut tidak terlepas dari kondisi daya beli masyarakat, terutama di segmen menengah bawah, yang masih dalam tekanan.