9 Cara Menghilangkan Bau Mulut yang Mudah dan Murah



KONTAN.CO.ID - Bau mulut bisa membuat orang tidak nyaman bahkan bisa membuat kepercayaan diri menurun. Secara alami, ada beberapa cara menghilangkan bau mulut.

Bau tak sedap ini timbul karena sisa makanan, bakteri, dan kotoran yang ada di mulut. Sisa makanan yang berada di sela-sela gigi terlalu lama akan diurai oleh bakteri sehingga menimbulkan bau tidak sedap. 

Penyebab lainnya adalah kesehatan gigi yang tidak baik. Lantas, bagaimana cara menghilangkan bau mulut?


Baca Juga: Tak Cuma Mesra, Praktikkan 4 Cara Berciuman Ini Saat Bareng Pasangan

Cara menghilangkan bau mulut

Nah, berikut ini 9 cara menghilangkan bau mulut seperti dilansir dari WebMD:

1. Sikat gigi lebih sering

Plak adalah penumpukan makanan yang melekat pada gigi Anda. Plak dapat membuat bakteri berkumpul dan menyebabkan bau mulut.

Cara menghilangkan bau mulut salah satunya adalah sikat gigi setidaknya dua kali setiap hari dan gunakan benang gigi setidaknya sekali dalam sehari. Namun, jangan berlebihan. Jika Anda menyikat terlalu keras, hal itu dapat merusak gigi serta membuatnya rentan terhadap pembusukan.

Baca Juga: Manfaat Jus Timun Untuk Menghidrasi Tubuh, Ada 9 Khasiat Lainnya

2. Berkumur dengan obat kumur

Cara menghilangkan bau mulut salah satunya yakni berkumur dengan obat kumur. Pasalnya, berkumur dengan obat kumur menambahkan perlindungan ekstra dengan menyingkirkan bakteri. 

Namun pastikan obat kumur yang dipilih membunuh kuman penyebab bau mulut, tidak hanya menutupi baunya. Selain itu sebagai cara menghilangkan bau mulut, Anda juga dapat dapat berkumur dengan air biasa setelah makan. Berkumur dengan air bersih bisa menghilangkan partikel sisa makanan yang menempel di gigi.

3. Menggosok lidah

Menggosok lidah juga menjadi salah satu cara menghilangkan bau mulut. Lapisan yang biasanya terbentuk di lidah bisa menjadi sarang bagi bakteri penyebab bau. 

Untuk menghilangkannya, sikat lidah dengan sikat gigi secara lembut. Jika sikat terlalu besar untuk mencapai bagian belakang lidah, cobalah menggunakan pengikis khusus lidah. 

Baca Juga: Asam Lambung Naik Ciri-Cirinya Apa Saja? Cek Cara Sembuh Dari Asam Lambung

4. Hindari makanan dengan aroma kuat

Cara menghilangkan bau mulut yakni menghindari makanan dengan aroma kuat. Jangan mengonsumsi makanan seperti bawang merah dan bawang putih terlalu banyak.

5. Hilangkan kebiasaan merokok

Selain menyebabkan kanker, merokok juga dapat merusak gusi, menodai gigi, dan menyebabkan bau mulut.

6. Jangan makan permen setelah makan malam

Bakteri di mulut menyukai gula dan menggunakannya untuk membuat asam. Hal ini merusak gigi dan menyebabkan bau mulut.

Baca Juga: Manfaat Air Lemon Untuk Menurunkan Risiko Batu Ginjal, Ada Banyak Khasiat Lain

7. Jaga kesehatan gusi 

Cara menghilangkan bau mulut salah satunya dengan menjaga kesehatan gusi. Penyakit gusi menyebabkan bau mulut lantaran bakteri yang berkumpul di dasar gigi dapat menciptakan bau mulut. Jika Anda mengalami masalah gigi, tak ada salahnya untuk berobat ke dokter gigi.

8. Basahi mulut

Cara menghilangkan bau mulut yang cukup efektif juga bisa dilakukan dengan menjaga mulut tetap basah. Gigi bisa cepat rusak dan bau jika tubuh tidak membuat cukup air liur. Jika mulut kering, minumlah banyak air di siang hari.

Baca Juga: Gagal Ginjal Stadium 5: Cek Gejala, Penyebab, dan Bertahan Berapa Lama?

9. Temui dokter 

Jika bau mulut terus berlanjut meskipun Anda telah berusaha sebaik mungkin, buatlah janji dengan dokter gigi. Dokter gigi akan memeriksa untuk melihat apakah masalah bau mulut terkait dengan kondisi medis.

Demikian informasi mengenai cara menghilangkan bau mulut dengan mudah di rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News