9 Manfaat Mengonsumsi Sayuran Rebus untuk Kesehatan, Efektif Turunkan Berat Badan



MOMSMONEY.ID - Cari tahu 9 manfaat mengonsumsi sayuran rebus untuk kesehatan di sini.

Sayuran rebus merupakan salah satu opsi makanan sehat yang layak Anda pilih. Pasalnya, sayuran rebus rendah kalori dan lemak, tetapi kaya akan berbagai zat penting seperti vitamin, mineral, dan serat.

Bukan hanya itu, sayuran rebus juga mengandung banyak air yang dapat membuat Anda terhidrasi dan merasa kenyang.


Untuk manfaatnya, sayuran rebus menawarkan beragam manfaat yang mungkin tidak pernah Anda bayangkan. Simak sampai akhir, berikut 9 manfaat mengonsumsi sayuran rebus untuk kesehatan sebagaimana dilansir dari Fitelo:

Baca Juga: Begini Pengaruh Transformasi Pengajaran Bahasa Inggris Melalui Kecerdasan Buatan

1. Mencegah sakit perut

Manfaat mengonsumsi sayuran rebus untuk kesehatan yang pertama yaitu mencegah sakit perut.

Sayuran yang direbus cenderung lembut dan mudah dikunyah, sehingga lebih mudah untuk dicerna.

Karena lebih lembut, lambung pun tidak perlu memproduksi banyak asam untuk mencernanya. Artinya, Anda tidak akan mudah sakit perut akibat keasaman yang tinggi.

2. Rendah kalori

Manfaat mengonsumsi sayuran rebus untuk kesehatan yang kedua yaitu rendah kalori.

Salah satu prinsip dasar penurunan berat badan adalah mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang dibakar oleh tubuh. Sayuran rebus pada dasarnya rendah kalori, sehingga menjadikannya pilihan yang fantastis bagi orang-orang yang ingin mengurangi berat badan berlebih. 

Dengan mengganti makanan berkalori tinggi dengan sayuran rebus, itu dapat menciptakan defisit kalori tanpa mengorbankan volume atau rasa kenyang.

3. Tinggi serat

Manfaat mengonsumsi sayuran rebus untuk kesehatan yang ketiga yaitu tinggi serat.

Sayuran rebus kaya akan serat makanan yang dapat melancarkan pencernaan.

Selain itu, kandungan serat yang tinggi dalam sayuran rebus juga dapat membantu mengatur kadar gula darah sekaligus mencegah lonjakan insulin yang bisa menyebabkan penyimpanan lemak.

4. Meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat mengonsumsi sayuran rebus untuk kesehatan yang keempat yaitu meningkatkan kesehatan kulit.

Merebus sayuran akan mempertahankan lebih banyak nutrisinya dibandingkan dengan metode memasak lainnya. Adapun nutrisi ini penting bagi tubuh agar dapat berfungsi dengan baik. 

Jika tubuh sehat dari dalam, itu akan membuat kulit memancarkan kilau alami. Mengonsumsi wortel rebus, misalnya, dapat mengawetkan beta-karoten di dalamnya yang mana sangat baik untuk kesehatan kulit.

5. Meningkatkan jumlah antioksidan

Manfaat mengonsumsi sayuran rebus untuk kesehatan yang kelima yaitu meningkatkan jumlah antioksidan.

Antioksidan berperan sebagai pertahanan tubuh terhadap molekul berbahaya yang disebut radikal bebas. Molekul-molekul ini dapat menyebabkan penuaan dini dan bahkan meningkatkan pertumbuhan sel kanker.

Memasak sayuran dengan cara direbus dapat meningkatkan jumlah antioksidan yang bermanfaat untuk melawan radikal bebas.

Baca Juga: APARSI Temui Kemendag Terkait Peraturan Pemerintah No. 28 Tahun 2024

6. Menurunkan kadar gula darah

Manfaat mengonsumsi sayuran rebus untuk kesehatan yang keenam yaitu menurunkan kadar gula darah.

Meskipun kandungan kalorinya rendah, namun sayuran rebus sangat padat nutrisi. Sayuran rebus mengandung banyak vitamin, mineral, serta antioksidan penting yang mendukung kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan. 

Dengan memasukkan berbagai sayuran rebus ke dalam makanan Anda, itu akan memastikan tubuh Anda menerima nutrisi yang dibutuhkan untuk berfungsi optimal, bahkan saat Anda mengurangi kalori.

7. Meningkatkan metabolisme

Manfaat mengonsumsi sayuran rebus untuk kesehatan yang ketujuh yaitu meningkatkan metabolisme.

Beberapa sayuran seperti cabai mengandung senyawa yang dapat meningkatkan metabolisme sementara dan mendorong pembakaran lemak. 

Meskipun efeknya mungkin sederhana, menggabungkan berbagai sayuran rebus ke dalam makanan Anda dapat membantu mendukung proses pembakaran lemak alami tubuh yang berkontribusi pada keberhasilan penurunan berat badan jangka panjang.

8. Mendukung kesehatan usus

Manfaat mengonsumsi sayuran rebus untuk kesehatan yang kedelepan yaitu mendukung kesehatan usus.

Serat dan nutrisi yang ditemukan dalam sayuran rebus bermanfaat untuk kesehatan usus, karena membantu mendukung pertumbuhan bakteri sehat di saluran pencernaan. 

Mikrobioma usus yang sehat sangat penting untuk pencernaan yang lancar, penyerapan nutrisi, dan fungsi kekebalan tubuh. Adapun semuanya dapat berkontribusi terhadap kesehatan dan kesejahteraan secara keseluruhan.

9. Mengontrol kadar gula darah

Manfaat mengonsumsi sayuran rebus untuk kesehatan yang terakhir yaitu mengontrol kadar gula darah.

Serat yang ditemukan dalam sayuran rebus dapat membantu mengontrol kadar gula darah dengan memperlambat penyerapan glukosa ke dalam aliran darah. 

Hal ini dapat mencegah lonjakan dan penurunan kadar gula darah yang sering dikaitkan dengan keinginan makan, perubahan suasana hati, dan juga makan berlebihan.

Demikian 9 manfaat mengonsumsi sayuran rebus untuk kesehatan yang tidak boleh Anda lewatkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma