AAJI Pilih Bersikap Netral



JAKARTA. Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI) hanya bersikap netral terhadap kasus seretnya pembayaran kewajiban PT Asuransi Jiwa Bakrie (Bakrie Life) kepada nasabah produk Diamond Investa.
"Sepengetahuan saya, sudah ada negosiasi antara Bakrie Life dan nasabahnya dan sudah berjalan kesepakatan di antara mereka. AAJI hanya bersikap netral," ujar Sekretaris Jenderal AAJI Stephen B. Juwono, kepada KONTAN, Jumat (25/6).
Jika dengan adanya kasus ini berakibat pada pencabutan izin Bakrie Life, dia menyatakan, kewenangan tersebut ada pada Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK). Toh, memang sudah semestinya perusahaan asuransi menjalankan kewajibannya kepada nasabah. "Kalau urusan cabut mencabut itu menjadi urusan Bapepam-LK, memang seharusnya perusahaan menjalankan dengan benar atau kehilangan lisensi atas perusahaannya," tegas Stephen.
Terkait dampaknya terhadap perkembangan industri asuransi nasional, industri asuransi tidak akan terpengaruh. Bahkan, hingga saat ini, tidak berdampak ke perusahaan-perusahaan asuransi lainnya.
Sebelumnya, Ketua Bapepam-LK Fuad Rahmany bilang, dengan perilaku perusahaan asuransi seperti Bakrie Life, bukan tidak mungkin pihaknya bakal mencabut izin perusahaan tersebut. "Nantinya akan dicabut juga izin usahanya. Sebab, kami tidak ingin ada orang-orang seperti itu di industri ini. Tetapi, kalau sekarang ini dicabut, tidak akan ada gunanya, biar mereka selesaikan terlebih dahulu urusan dengan nasabah mereka," imbuh dia.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Test Test