ACA andalkan teknologi digital dalam memasarkan asuransi mikro



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perkembangan teknologi yang semakin pesat turut dimanfaatkan oleh PT Asuransi Central Asia (ACA) dalam mengembangkan bisnis asuransi mikro di tahun ini. Selain bisa efisien, pemasaran dengan memanfaatkan teknologi digital diharapkan membantu mendongkrak bisnis ini.

Branch Operational Director ACA Debie Wijaya mengatakan, dalam pemasaran asuransi mikro memang tidaklah mudah. Sosialisasi yang masif masih sangat diperlukan untuk membangun mindset masyarakat. Saat ini, ACA memiliki sekitar 7 sampai 8 produk asuransi mikro yang kontribusinya sekitar 1% dari porsi premi Rp 3 triliun di tahun lalu. Adapun segmen masyarakat menengah ke bawah masih jadi sasaran ACA dalam memasarkan asuransi mikro.

"Kita mulai mengandalkan teknologi untuk asuransi mikro supaya ongkosnya bisa lebih murah," ujar Debie kepada Kontan.co.id, Kamis (22/2).


Debie bilang, dalam memasarkan asuransi mikro ke petani misalnya, perusahaan tidak semata-mata hanya sebatas menjual lalu selesai. Tapi, ACA sendiri melakukan pendampingan kepada petani seperti halnya menggaet perusahaan yang menjual bibit yang bersertifikat.

"Harus kami bimbing, sehingga kalau hasil panennya maksimal mereka memiliki keuntungan untuk bayar modal dan mereka bisa hidup. Tapi, kalau gagal di situlah peran kami sebagai asuransi," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sofyan Hidayat