KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten perlengkapan rumah dan gaya hidup, PT ACE Hardware Indonesia Tbk (
ACES) menyambut baik datangnya bulan Ramadan. Guna memanfaatkan momentum tersebut, ACES menyiapkan peralatan yang relevan dengan kebutuhan konsumen selama ramadan.
General Manager Marketing PT ACE Hardware Indonesia Tbk (ACES) Yoelius Saputra mengatakan, momentum Ramadan dan Lebaran merupakan momen besar untuk perusahaan retail seperti ACES. “Persiapan untuk promo Ramadan dan jelang Lebaran sudah dipersiapkan jauh hari sebelumnya baik dari sisi produk yang relevan, program promosi yang menarik hingga komunikasi yang digunakan untuk menjangkau pelanggan ACE,” ujarnya kepada Kontan, Selasa (8/3).
Yoelius menambahkan, penjualan selama Ramadan memberikan kontribusi penjualan yang tinggi bagi perseroan. Tercatat, untuk periode ramadan memberikan kontribusi sekitar 10% dari total penjualan Ace Hardware selama setahun.
Baca Juga: Ace Hardware (ACES) akan Memperkuat Strategi Omnichannel Oleh karena itu, Yoelius bilang, dalam menyambut Ramadan dan jelang Lebaran, ACES sudah menyiapkan strategi khusus dengan melihat kondisi dan
trend yang terjadi saat ini. Terlebih lagi, pandemi sudah mulai berkurang dan aktivitas masyarakat tidak dibatasi. Sehingga, dengan kondisi tersebut Ace Hardware melihat peluang untuk menyediakan kembali produk-produk relevan seperti peralatan jamuan makan dan peralatan kebutuhan mudik. Adapun produk-produk yang banyak dicari konsumen ACES selama bulan ramadan adalah produk penyajian makanan seperti aneka alat masak, oven dan alat saji makanan. Kemudian aneka alat kebersihan juga banyak dicari mulai dari
vacuum cleaner dan set alat pel. Lalu, kebutuhan untuk keamanan rumah juga dibutuhkan di momentum ramadan, ACE menyediakan produk
security berupa brankas dan CCTV. “Untuk kebutuhan mudik juga disiapkan produk koper, bantal leher hingga pompa angin ban. Produk-produk tersebut bisa didapatkan di ACE dengan program khusus selama Ramadhan dan Lebaran,” lanjut Yoelius. Selain itu, Yoelius menambahkan, Ace Hardware juga menyediakan parsel yang dapat di
custom sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Sehingga dapat lebih mudah berbagi untuk rekan, saudara dan keluarga di momen lebaran. Sebagai upaya membantu peningkatan mutu penjualan yang lebih inovatif, ACES pun menjalin kolaborasi dengan 5 bank
exclusive partner ACES yakni BCA, Mandiri, BRI, BNI dan CIMB Niaga. Nah, nantinya bank-bank tersebut memberikan kemudahan pembayaran yaitu cicilan 0% hingga 12 bulan, dan juga ACES akan meningkatkan komunikasi ke pelanggan, sehingga program promo Ramadhan dan Lebaran ACE dapat disampaikan.
Kolaborasi tersebut salah satunya hadir sebagai penunjang teknologi berbelanja Ace Hardware yang dikembangkan ke
channel online yakni MISS ACE (Mobile Interactive Shopping Solutions), ACE Online (
www.acehardware.co.id/shop) atau
ruparupa.com yang didukung dengan berbagai fasilitas gratis ongkos kirim dan berbagai metode pembayaran (uang digital, kartu kredit/ debit dan transfer melalui
virtual account).
Sebagai informasi, saat ini gerai milik ACES berjumlah 219 gerai. Teranyar, pada 15 Februari 2022 ACES menambah gerai baru di Cileungsi, Bogor, Jawa Barat. Gerai tersebut memiliki luas sekitar 800 meter persegi (m2). Hingga akhir kuartal ketiga tahun 2021, ACES meraih penjualan bersih Rp 4,69 triliun. Jumlah tersebut turun 14,42% jika dibandingkan ralisasi hingga kuartal III 2020 senilai Rp 5,48 triliun. Adapun pendapatan ACES di sepanjang tahun 2021 diproyeksikan bisa menyentuh Rp 6,64 triliun dengan laba bersih Rp 485 miliar. Terkait proyeksi di tahun 2022, dalam pemberitaan Kontan sebelumnya disebutkan bahwa ACES meyakini prospek bisnis tahun ini akan membaik sehingga perseroan membidik pertumbuhan penjualan sekitar 8%-10% pada tahun ini. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Handoyo .