Ace Hardware cetak pertumbuhan 17% pada Januari 2018



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) memulai tahun ini dengan mulus. Pertumbuhan penjualan tercatat mencapai dua digit di bulan Januari 2018 jika dibandingkan bulan yang sama tahun 2017 (year on year).

Dalam catatan Kontan.co.id, perusahaan ritel untuk produk perkakas dan perlengkapan ini mencatat pendapatan Rp 446 miliar per Januari 2017. 

Jika menghitung angka pertumbuhan tersebut, maka di Januari 2018 ini, ACES sudah meraup penjualan Rp 541,82 miliar. 


Sebagai informasi, sepanjang tahun ini, ACES menargetkan pertumbuhan pendapatan sebesar 10%. Target ini lebih kecil dari pertumbuhan pendapatan pada 2017 lalu yang sebesar 18%.

"Target tahun ini lebih kecil karena basis pertumbuhan penjualan sudah tinggi tahun lalu. Bukan karena tantangan," tutur Helen.

Beriringan dengan kinerja yang terus tumbuh, Ace Hardware konsisten membagikan dividen. Tahun ini, anak usaha PT Kawan Lama Sejahtera ini berencana akan membagikan dividen lagi. "Sesuai kebijakan, 20% dari laba bersih. Tapi tiga tahun terakhir dibagi 40%-50%," tutur Helen. 

Toko online

Demi mencapai target pertumbuhan pendapatan tahun ini, ACES juga sudah atur strategi. Misalnya, promosi dengan tema berbeda setiap bulannya. 

Selain itu, akan ada pula produk-produk baru yang ditawarkan. Tak ketinggalan, Ace Hardware juga mengoptimalkan digital marketing untuk komunikasi yang lebih intensif dengan pelanggan.

Tentunya, ekspansi lewat pembukaan gerai baru juga tetap dilakukan. Ace Hardware menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp 300 miliar untuk investasi gerai baru di 2018 sebanyak 10-15 gerai. Gerai pertama tahun ini akan dibuka di kuartal I-2018. 

Saat ini, ACES mengelola 144 gerai. Jangka panjang hingga 2020, ACES optimis bisa memiliki 200 gerai. 

Tak bisa diabaikan, ACES juga melakukan penjualan online lewat marketplace ruparupa.com. Sejauh ini Helen bilang kontribusi ruparupa.com memang masih dibawah 1% terhadap pendapatan ACES. Namun, ke depannya ACES akan terus melakukan pengembangan untuk genjot penjualan.

Pertama, ACES akan menambah varian produk unutk dipasarkan via ruparupa.com. Selanjutnya, ACES juga akan menambah sote pick up point yang disebut STOPS. "Jadi pelanggan bisa memilih apakah produk akan dikirim atau diambil di STOPS," ujar Helen. Saat ini ada 145 STOPS yang beroperasi.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia