ACPI Catat Pertumbuhan Premi 26,6% pada Januari 2024, Ini Faktor Pendorongnya



KONTAN.CO.iD-JAKARTA. PT Asuransi Cakrawala Proteksi Indonesia (ACPI) berhasil mencatat kinerja bisnis yang positif pada awal tahun ini, dengan premi tumbuh sebesar 26,6% pada bulan Januari 2024.

Direktur Keuangan ACPI Grace Juliana menyebut kinerja perusahaan hingga awal tahun ini tetap positif. "Pendapatan premi ACPI selama tahun 2023 mencapai Rp. 1,540,472 jutaan, dengan pertumbuhan 16% dari tahun sebelumnya," ujarnya.

Sebelumnya, OJK mencatat akumulasi premi Asuransi umum dan reasuransi tumbuh 20,89% YoY menjadi 143,47 triliun.


Menurutnya, pertumbuhan premi yang signifikan ini didorong oleh segmen (Coordination of Benefit) COB Harta Benda dan COB Kendaraan Bermotor.

Baca Juga: ACPI Sebut Permintaan Asuransi Kendaraan Listrik Meningkat

“COB Harta Benda dan COB Kendaraan Bermotor di mana untuk COB Harta Benda tercatat premi sebesar 56,20% dari jumlah pendapatan premi, dan COB Kendaraan Bermotor tercatat premi sebesar 35,92 % dari jumlah pendapatan premi,” ujar Grace.

Sesuai dengan tren kinerja yang positif ACPI pasang target premi sebesar Rp. 1,650,000 jutaan di tahun ini.

Menurut Grace, ACPI tetap fokus pada pengembangan produk asuransi selain harta benda dan kendaraan bermotor. Perusahaan juga melakukan analisis mendalam terhadap posisinya dalam menghadapi persaingan usaha, serta melakukan pengembangan bisnis di bidang teknologi informasi dengan sistem yang komprehensif baik secara software maupun infrastruktur. Dengan strategi ini, ACPI optimis dapat mencapai target premi yang ditetapkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .