JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat ada sekitar 1.057 kerja sama bancassurance sampai April 2014. Kerja sama pemasaran produk asuransi lewat perbankan ini dilakukan oleh 26 perusahaan asuransi jiwa dengan 40 bank, serta 23 perusahaan asuransi umum dengan 67 bank. Dari sisi jumlah produk, berdasarkan data OJK, terdapat 970 bancassurance yang ada di pasar. Sebesar 943 di antaranya merupakan bancassurance konvensional terdiri dari 208 produk asuransi jiwa dan 735 produk asuransi umum. Sedangkan, 27 di antaranya bancassurance dengan asas syariah berasal dari 19 produk asuransi jiwa dan 8 produk asuransi umum. Dumoly F Pardede, Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank OJK mengungkapkan, layanan kerja sama pemasaran produk antara perusahaan asuransi dengan bank ini memang memiliki nilai tambah bagi kedua institusi. Bagi asuransi, antara lain meningkatkan pendapatan premi, market share, menambah saluran distribusi dan efisiensi biaya pemasaran.
Ada 970 produk bancassurance beredar di pasar
JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat ada sekitar 1.057 kerja sama bancassurance sampai April 2014. Kerja sama pemasaran produk asuransi lewat perbankan ini dilakukan oleh 26 perusahaan asuransi jiwa dengan 40 bank, serta 23 perusahaan asuransi umum dengan 67 bank. Dari sisi jumlah produk, berdasarkan data OJK, terdapat 970 bancassurance yang ada di pasar. Sebesar 943 di antaranya merupakan bancassurance konvensional terdiri dari 208 produk asuransi jiwa dan 735 produk asuransi umum. Sedangkan, 27 di antaranya bancassurance dengan asas syariah berasal dari 19 produk asuransi jiwa dan 8 produk asuransi umum. Dumoly F Pardede, Deputi Komisioner Pengawas Industri Keuangan Non Bank OJK mengungkapkan, layanan kerja sama pemasaran produk antara perusahaan asuransi dengan bank ini memang memiliki nilai tambah bagi kedua institusi. Bagi asuransi, antara lain meningkatkan pendapatan premi, market share, menambah saluran distribusi dan efisiensi biaya pemasaran.