Ada gangguan kabel bawah laut, layanan IndiHome sudah berangsur normal



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Layanan internet Telkom Group mengalami gangguan di sejumlah wilayah sejak kemarin (19/9) sore. Gangguan teknis terutama pada layanan internet terjadi di sejumlah titik di wilayah Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara, Pulau Natuna, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Vice President Corporate Communication Telkom Pujo Pramono mengungkapkan, layanan Telkom Group baik fixed maupun mobile broadband di beberapa wilayah Indonesia sudah berangsur pulih pasca terjadinya gangguan pada sistem komunikasi kabel laut JaSuKa (Jawa, Sumatra dan Kalimantan) ruas Batam - Pontianak mulai sekitar pukul 17.33 WIB kemarin (19/9).

Layanan mulai kembali normal sejak tengah malam hingga pagi ini. Sejak terjadinya gangguan, sambung Pujo, Telkom segera melakukan rerouting trafik sebagai alternatif jalur komunikasi menuju Batam termasuk penambahan kapasitas beberapa link di wilayah Indonesia seperti dari Papua, Kalimantan maupun Jawa dan mengoptimalkan gerbang internasional di Manado.


Baca Juga: Telkom telah menemukan titik gangguan internet IndiHome dan Tekomsel

"Fokus kami hanya satu, agar layanan segera kembali normal dan digunakan pelanggan seperti sediakala," kata Pujo kepada Kontan.co.id, Senin (20/9).

Sementara itu, gangguan teridentifikasi berasal dari titik sekitar 1,5 Km lepas pantai Batam pada kedalaman 20 meter bawah permukaan laut. Dengan diketahuinya titik gangguan, Pujo memastikan pihaknya segera mempersiapkan upaya perbaikan agar secepatnya infrastruktur tersebut dapat segera berfungsi normal. 

"Telkom berkomitmen memberikan akses konektivitas terbaik di seluruh Indonesia, guna memberikan pengalaman digital terbaik bagi seluruh pelanggan," pungkas Pujo.

Selanjutnya: Hingga pagi ini internet Telkomsel masih mengalami gangguan, ini wilayah terdampak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi