Ada Kabar Fazz Capital Finance Menyerah Jalankan Bisnis, Begini Kata OJK



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beredar kabar di media sosial terkait PT Fazz Capital Finance yang menyerah untuk melanjutkan bisnis mereka. Berdasarkan unggahan akun @ecommurz di Instagram, disebutkan bahwa operasional Fazz Capital Finance tak berjalan padahal sudah menerima izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Operasional penyaluran pembiayaannya juga dilaporkan mengalami kerugian besar-besaran karena tidak menguntungkan sehingga membuat para investor khawatir. OJK lantas turut angkat bicara terkait adanya kabar soal Fazz Capital Finance tersebut. 

"Saat ini, pengawas masih melakukan monitoring atas komitmen perusahaan dalam menjalankan kegiatan usaha pembiayaan," ungkap Kepala Eksekutif Pengawas Lembaga Pembiayaan, Perusahaan Modal Ventura, Lembaga Keuangan Mikro dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya (PVML) OJK Agusman dalam lembar jawaban tertulis OJK, Selasa (1/10).


Baca Juga: Ini Respons Modal Rakyat Soal Kabar PHK hingga Penutupan Operasional

Agusman menerangkan PT Fazz Capital Finance merupakan perusahaan pembiayaan yang baru mendapatkan izin usaha pada 22 Februari 2024. 

Adapun PT Fazz Capital Finance diwajibkan untuk melakukan kegiatan usaha paling lama 3 bulan terhitung sejak tanggal izin usaha ditetapkan.

Sementara itu, akun itu juga menyebut Fazz Financial Group yang akan melakukan sejumlah perubahan bisnis sehingga berdampak terhadap unit bisnis mereka. 

Baca Juga: OJK Beri Izin Usaha kepada PT Fazz Capital Finance

Fazz juga disebutkan akan melakukan PHK yang terjadi dalam tiga tahap, yakni tahap pertama pada Agustus 2024 yang berdampak pada Modal Rakyat, Fazz Capital Finance, dan operasi peminjaman. 

Tahap kedua pada September 2024, yang akan mempengaruhi Fazz Agen, termasuk Xfers dan Payfazz. Tahap ketiga pada Februari 2025, Fazz dilaporkan akan melakukan penutupan operasional penuh di Fazz Business. 

Selanjutnya: Kemenkop UKM Ungkap Muncul Banyak Wirausaha Baru di Tengah Badai PHK

Menarik Dibaca: 10 Superfood yang Bikin Kulit Glowing dari Dalam, Bantu Kinerja Skincare!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi