Ada Libur Nasional, PT KAI Catat Lonjakan Volume Penumpang Dua Kali Lipat



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat jumlah volume penumpang yang naik kereta api jarak jauh (KAJJ) dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen melonjak hampir dua kali lipat pada 31 Mei 2023. Lonjakan ini disebabkan oleh adanya libur nasional pada 1 Juni 2023 dan mendekati akhir pekan.

Jumlah tiket yang sudah dipesan untuk keberangkatan pada hari Rabu (31/5) dan Kamis (1/6) mencapai sekitar 28.500 per hari. Angka ini meningkat hingga dua kali lipat jika dibandingkan dengan hari yang sama pada waktu normal dengan rata-rata per hari hanya sekitar 14.000 penumpang.

Di samping itu, seluruh pengguna jasa KAJJ yang akan berangkat dari stasiun Pasar Senen dan Gambir diingatkan kembali agar memperhatikan jadwal keberangkatannya, mengingat mulai Kamis (1/6) Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) baru akan diberlakukan di seluruh Indonesia, termasuk untuk operasional KA di wilayah kerja KAI Daop 1 Jakarta.


Sejumlah jadwal KAJJ, baik itu keberangkatan maupun kedatangan juga akan mengalami perubahan mulai 1 Juni 2023.

Baca Juga: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bersiap untuk Uji Coba Kecepatan 385 km/jam

“Untuk itu KAI Daop 1 Jakarta mengimbau kepada seluruh Pelanggan KA yang sudah membeli tiket untuk keberangkatan pada tanggal 1 Juni dan setelahnya agar memeriksa kembali jadwal keberangkatannya sehingga tidak tertinggal ataupun salah naik KA,” dikutip dari siaran PT KAI, Rabu (31/5).

Nah, selain itu, pada 1 Juni ini bakal ada penambahan 4 KAJJ dengan jadwal sebagai berikut.

1. KA Argo Semeru relasi Gambir-Surabaya Gubeng keberangkatan pukul 06.20 WIB.

2. KA Manahan relasi Gambir–Solo Balapan keberangkatan pukul 10.30 WIB dan 22.50 WIB.

3. KA Pandalungan relasi Gambir-Surabaya Pasarturi-Jember keberangkatan pukul 20.05 WIB.

4. KA Argo Merbabu relasi Gambir–Semarang Tawang Bank Jateng, keberangkatan pukul 14.20 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati