Ada vaksin Covid-19 Pfizer di Jakarta, ini lokasi, efek samping dan cara daftar



KONTAN.CO.ID - Jakarta. Jumlah masyarakat penerima vaksin Covid-19 terus bertambah setiap hari. Seiring gencarnya program vaksinasi, masyarakat juga bisa memilih jenis vaksin Covid-19, salah satunya vaksin Pfizer. Berikut lokasi, cara daftar dan efek samping vaksin Covid-19 di Jakarta.

Vaksin Covid-19 buatan Pfizer adalah vaksin berbasis mRNA (messenger RNA) untuk memicu sistem sistem kekebalan tubuh terhadap virus Corona. Berdasarkan uji klinis tahap III yang dilakukan di Amerika Serikat, Jerman, Turki, Afrika Selatan, Brazil, dan Argentina, vaksin Covid-19 Pfizer memiliki nilai efikasi, yaitu efek perlindungan terhadap COVID-19, sebesar 95%.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai membuka layanan vaksinasi Covid-19 menggunakan vaksin Pfizer mulai Senin (23/8/2021). Simak lokasi vaksinasi Covid-19 dengan vaksin Pfizer di Jakarta. Simak pula cara daftar vaksin Pfizer di Jakarta agar Anda tidak kesulitan.


Layanan lokasi vaksinasi Covid-19 menggunakan vaksin Pfizer disampaikan Dinkes DKI. "Kabar gembira untuk warga Jakarta, kini vaksin (Covid-19) Pfizer tersedia di wilayah kecamatan Cilandak," tulis Dinkes DKI Jakarta, Senin 23 Agustus 2021.

Selain di Puskesmas Kecamatan Cilandak, terdapat tiga lokasi lainnya yang melayani vaksinasi Covid-19 menggunakan vaksin Pfizer, yaitu:

1. Lokasi vaksin Covid-19 Pfizer di BPSDM Kementerian Kesehatan Hang Jebat, Jakarta Selatan

2. Lokasi vaksin Covid-19 Pfizer di Gedung Judo Kelapa Gading, Jakarta Timur

3. Lokasi vaksin Covid-19 Pfizer di Puskesmas Kelurahan Lebak Bulus, Jakarta Selatan

Baca juga: PPKM level 4, 3, 2 akan berakhir hari ini, berikut indeks mobilitas masyarakat

Syarat vaksin Covid-19 Pfizer di Jakarta

Adapun untuk mendapatkan vaksinasi Covid-19 dengan vaksin Pfizer, syaratnya seperti mendapatkan vaksin Moderna. Syarat khusus vaksin Covid-19 Pfizer adalah mereka yang mengalami autoimun.

Berikut sejumlah syarat umum vaksinasi Covid-19 menggunakan vaksin Pfizer:

1. Ber-KTP DKI Jakarta atau berdomisili di DKI Jakarta

2. Belum pernah mendapat dosis 1 vaksin Covid-19

3. Berusia di atas 18 tahun ke atas

4. Bila memiliki komorbid, membawa surat rekomendasi dokter spesialis yang merawat

5. Tidak berlaku untuk booster atau dosis ketiga

Cara daftar vaksin Covid-19 Pfizer di Jakarta

Seluruh pendaftaran vaksinasi Covid-19 menggunakan vaksin Pfizer berlangsung secara online. Masyarakat bisa daftar vaksinasi Covid-19 menggunakan vaksin Pfizer melalui handphone yang terkoneksi internet.

Cara daftar vaksinasi Covid-19 menggunakan vaksin Pfizer melalui aplikasi JAKI. Oleh karena itu, sebelum daftar vaksinasi Covid-19 menggunakan vaksin Pfizer di Jakarta, masyarakat harus download dan membuat akun JAKI.

Efek samping vaksin Covid-19 Pfizer

Berdasarkan situs WHO, vaksin Covid-19 Pfizer juga menimbulkan efek samping seperti vaksinasi pada umumnya. Namun, efek samping Covid-19 Pfizer hanya bersifat ringan, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir.

Berikut beberapa efek samping vaksin Covid-19 Pfizer:

  • Nyeri, kemerahan, atau bengkak di tempat bekas suntikan
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot atau nyeri sendi
  • Menggigil
  • Demam ringan
  • Mual atau merasa tidak enak badan
  • Bengkak di kelenjar getah bening
Itulah lokasi, syarat dan efek samping vaksinasi Covid-19 menggunakan vaksin Pfizer. Ingat, tetap patuhi protokol kesehatan meski telah mendapat suntikan vaksin Covid-19.

(Singgih Wiryono)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Warga Jakarta Ingin Dapat Vaksin Pfizer? Simak Lokasi dan Syaratnya",

Selanjutnya: Inilah lokasi dan syarat vaksin Covid-19 Pfizer di Jakarta

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto