KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Adhi Commuter Properti Tbk (ADCP) mengaku optimistis kinerja hunian berkonsep transit oriented development (TOD) bisa positif. Sekretaris Perusahaan Adhi Commuter Properti, Bayu Purwana menyampaikan, sensitivitas pasar terhadap beroperasinya LRT Jabodebek cukup tinggi. “Hal itu terlihat pada grafik kenaikan penjualan ke arah positif saat berita LRT Jabodebek beroperasi mulai menyebar di masyarakat di bulan Agustus 2023,” ujarnya kepada Kontan, Kamis (14/9). Sentimen kereta LRT Jabodebek terhadap penjualan hunian ADCP dilihat juga berkolerasi secara positif. Sebab, banyak masyarakat mendapatkan trigger dan meningkatkan kepercayaan bahwa hunian ini akan benar terintegrasi dan LRT akan benar beroperasi secara komersial.
“Kami menilai ini adalah respons yang sangat baik yang perlu dimanfaatkan secara maksimal, baik dalam penyerapan unit maupun penyerapan traffic LRT Jabodebek,” ungkapnya. Baca Juga: Adhi Commuter Properti (ADCP) Optimistis Kinerja Hunian TOD Bisa Positif ke Depannya Bayu mengatakan, ADCP saat ini tengah mengutamakan pengembangan komersial kawasan untuk menarik potensi-potensi yang akan datang terutama untuk penjualan unit. Misalnya, Mall Green Walk di LRT CITY Bekasi, Forest Hub di LRT CITY Jatibening, dan yang paling terbaru adalah Soul Hub di LRT CITY Ciracas yang baru saja diresmikan. Dari 12 pengembangan kawasan TOD milik ADCP, 11 di antaranya mixed use apartemen yang dilengkapi dengan komersial area dan 1 project dengan konsep township. “Sebagian besar memang cluster landed house plus highrise building commmercial,” paparnya. Melihat LRT Jabodebek yang mulai beroperasi dan sebagai kawasan yang memiliki value terintegrasi dengan LRT, kini market yang melirik pasar properti TOD semakin luas. Peningkatan traffic walk in di kawasan menjadi bukti gairah pasar yang meningkat untuk mencari tahu lebih jauh mengenai hunian TOD ADCP. “Kami melihat apa yang terjadi di Negara lain serta dampak dari sukuk bunga, sedikit banyak berdampak bagi penjualan properti ADCP,” paparnya. Agar dapat meminimalisasi dampak tersebut, saat ini ADCP konsisten menginformasikan unique selling point dari hunian yang berorientasi TOD. “Sehingga, masyarakat bisa memahami pentingnya hidup dan tinggal di hunian berkonsep TOD dan kami bisa meyakinkan bahwa hunian ini akan menjadi jawaban masyarakat,” tuturnya.