Adhi Karya (ADHI) Raih Kontrak Baru Rp 8,2 Triliun Hingga April 2022



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Adhi Karya (Persero) Tbk (ADHI) merealisasikan perolehan kontrak baru sebesar Rp 8,2 triliun hingga April 2022. Jumlah tersebut tumbuh 128% dibandingkan perolehan kontrak pada April 2021 yang lalu sebesar Rp 3,6 triliun.

Beberapa kontrak baru yang didapatkan ADHI di April 2022 diantaranya Pekerjaan Jalan Tol Yogyakarta–Bawen, Kawasan Budidaya Udang di Kab. Kebumen, dan Rehabilitasi Bendungan Pacal di Bojonegoro. 

Sekretaris Perusahaan Adhi Karya Farid Budiyanto mengatakan, ke depan perseroan akan tetap gencar membidik kontrak baru. Hanya saja, belum ada proyek yang dibidik secara detail.


Baca Juga: Simak Rekomendasi Emiten BUMN yang Ramai-Ramai Rights Issue

"Proyek selanjutnya yang sedang dibidik, ada proyek gedung, infrastruktur dan infrastruktur kereta. Namun, untuk detailnya belum dapat kami infokan," terang Farid kepada Kontan.co.id, Kamis (9/6).

Untuk diketahui, emiten BUMN ini membidik kontrak baru di tahun 2022 tumbuh 15% dari realisasi tahun 2021. Tahun lalu, ADHI mencatatkan kontrak baru sebesar Rp 15,2 triliun atau lebih rendah dari target yang awalnya ditetapkan sebanyak Rp 24 triliun.

Adapun, kontribusi per lini bisnis pada perolehan kontrak baru sampai dengan bulan April 2022, meliputi lini bisnis konstruksi sebesar 89%, properti sebesar 7%, dan sisanya merupakan lini bisnis lainnya. 

Baca Juga: Kawal Kelancaran Operasional LRT Jabodebek, KAI Gandeng Basarnas

Selain lini bisnis, kontrak tersebut juga meliputi berbagai tipe pekerjaan yang terdiri dari proyek jalan dan jembatan sebesar 57%, gedung sebesar 11%, proyek infrastruktur lainnya seperti pembuatan bendungan, bandara, jalur kereta api, dan proyek energi, serta proyek lainnya sebesar 32%. 

Berdasarkan segmentasi sumber dana, realisasi kontrak baru yang bersumber dari Pemerintah sebesar 22%, sumber dari BUMN dan BUMD sebesar 8%, sementara proyek kepemilikan swasta/lainnya termasuk proyek investasi sebesar 70%. Adhi Karya berharap peningkatan kontrak baru ini dapat berkontribusi positif terhadap pendapatan tahun 2022.

Dalam waktu dekat, ADHI dijadwalkan akan segera merampungkan proyek Light Rail Transit (LRT) Jabodebek pada 17 Agustus 2022 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati