Adu Strategi Pabrik Mobil Korea Selatan



JAKARTA. Tak mau kalah dengan pabrikan otomotif asal Jepang, pabrik otomotif asal Korea Selatan, seperti Hyundai dan Kia, mulai memasang strategi untuk merebut pasar kendaraan di tahun depan. Salah satunya dengan melakukan penyegaran produk dan mengeluarkan produk baru di tahun 2014.

Presiden Direktur PT Hyundai Mobil Indonesia, Mukiat Sutikno mengungkapkan, pelemahan nilai tukar rupiah yang terus berlanjut membuat beban impor perusahaan makin tinggi. Alhasil, perusahaan terpaksa harus menyesuaikan harga jual produk sekitar 7% pada tahun depan. Di sisi lain, kenaikan suku bunga membuat penjualan Hyundai makin seret. Pasalnya, sekitar 70% konsumen Hyundai membeli kendaraan dengan kredit.

Nah, untuk mempertahankan pangsa pasar yang masih cukup kecil, Hyundai telah menyiapkan beberapa strategi. Tahun depan, pabrikan otomotif ini bakal melakukan penyegaran produk dan merilis beberapa mobil baru. "Kami juga akan menjaga efisiensi," ujar Mukiat, belum lama ini.


Sayangnya, Mukiat masih enggan membeberkan mobil baru yang akan diluncurkan pada tahun depan. Hingga Oktober 2013, Hyundai berhasil menjual 3.379 unit mobil atau 0,33% dari total pasar mobil nasional. Hingga akhir tahun fiskal 2013, Hyundai menargetkan bisa menjual 12.000 unit mobil di Indonesia. Tapi, Mukiat masih enggan membeberkan target penjualan Hyundai tahun depan.

PT Kia Mobil Indonesia juga mulai memasang kuda-kuda. Rijal Mulyadi, Marketing and Communication Manager PT Kia Mobil Indonesia bilang, Kia bakal mengandalkan tiga produknya yakni Kia Rio, Kia Picanto, dan Kia Sportage pada 2014. "Kalau kondisi ekonomi membaik, kami bisa saja mendatangkan produk baru," ungkapnya kemarin.

Hanya saja, Rijal juga tak bisa memastikan kapan produk baru Kia bakal diluncurkan. Namun, menurutnya, tahun depan Kia berharap bisa menjual 13.000 unit mobil di Indonesia.

Rijal berharap, tren Korea yang mewabah di Indonesia bisa menular ke penjualan mobil Kia. Setidaknya, kata dia, produk mobil Kia bisa laris manis seperti produk elektronik Samsung yang juga berasal dari Korea Selatan.Hingga Oktober 2013, Kia telah menjual 10.033 unit mobil atau sekitar 0,98% dari total pangsa pasar mobil nasional. Hingga akhir tahun, Kia berharap bisa menjual 13.000 unit mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi