KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) mencatat bisnis usaha waralaba lokal yang menembus pasar dunia masih minim jika dibandingkan waralaba asing yang masuk ke Indonesia yang jumlahnya lebih mendominasi. Ketua AFI Anang Sukandar menyebutkan, bisnis waralaba asli Indonesia yang sukses di pasar internasional hanya 10 sampai 15 merek. Sedangkan jumlah waralaba asing yang masuk ke dalam negeri mencapai 450 merek. "Kalau dari waralaba dalam negeri ke luar cuma 10 sampai 15 perusahaan. Memang kuncinya adalah penguatan usahanya harus langgeng. Kalau mau ke luar negeri harus punya ilmu, pelajari perilaku konsumennya," kata Anang usai menghadiri Pameran "Franchise & Business Opportunity Concept" di Balai Kartini, Jakarta.
AFI: Waralaba lokal yang mendunia masih minim
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) mencatat bisnis usaha waralaba lokal yang menembus pasar dunia masih minim jika dibandingkan waralaba asing yang masuk ke Indonesia yang jumlahnya lebih mendominasi. Ketua AFI Anang Sukandar menyebutkan, bisnis waralaba asli Indonesia yang sukses di pasar internasional hanya 10 sampai 15 merek. Sedangkan jumlah waralaba asing yang masuk ke dalam negeri mencapai 450 merek. "Kalau dari waralaba dalam negeri ke luar cuma 10 sampai 15 perusahaan. Memang kuncinya adalah penguatan usahanya harus langgeng. Kalau mau ke luar negeri harus punya ilmu, pelajari perilaku konsumennya," kata Anang usai menghadiri Pameran "Franchise & Business Opportunity Concept" di Balai Kartini, Jakarta.