AFPI: Bisnis Fintech Lending Masih Punya Prospek yang Cerah



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) menyebut bisnis fintech peer to peer (P2P) lending masih memiliki prospek cerah ke depannya. 

Sekretaris Jenderal AFPI Tiar Karbala mengatakan ada sejumlah hal yang membuat prospek bisnis fintech lending masih cerah.

Tiar mengatakan salah satunya, yakni masih ada kelompok masyarakat unbanked dan underserved yang belum memiliki akses ke layanan keuangan formal. 


"Adapun fintech lending hadir sebagai solusi untuk memenuhi kebutuhan tersebut," katanya kepada Kontan, Senin (23/9).

Baca Juga: AFPI Proyeksikan Kolaborasi Perbankan dengan Fintech Lending Bakal Makin Semarak

Lebih lanjut, Tiar menyampaikan fintech lending juga akan terus berinovasi untuk mengembangkan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Melalui advokasi, dia menjelaskan fintech lending akan mendorong terciptanya standar industri yang baik untuk memastikan kualitas layanan dan perlindungan konsumen.

Sementara itu, Tiar juga turut angkat bicara terkait adanya penurunan bunga lagi pada awal tahun depan, yakni untuk konsumtif menjadi 0,2% dan produktif masih 0,1%. 

Dia mengatakan penyelenggara fintech lending didorong untuk melakukan penyesuaian bisnis model dan strategi pricing untuk mengantisipasi dampak dari penurunan bunga tersebut. 

"Selain bunga, faktor-faktor seperti inovasi produk, efisiensi operasional, dan peningkatan kualitas layanan juga akan mempengaruhi kinerja perusahaan," ungkapnya.

Baca Juga: Pembiayaan Multifinance ke UMKM Tumbuh Positif

Sebagai informasi, laba industri fintech P2P lending tercatat terus naik secara month to month menjadi sebesar Rp 383,68 miliar per Juli 2024. Namun, secara year on year masih menurun 9,54%, dibandingkan per Juli 2023 yang sebesar Rp 424,14 miliar.

Dari sisi kinerja, outstanding pembiayaan fintech P2P lending pada Juli 2024 mencapai Rp 69,39 triliun. Pencapaian pada Juli 2024 tumbuh sebesar 23,97% Year on Year (YoY). 

Selanjutnya: 6 Cara Membakar Lemak Saat Tidur, Mudah dan Efektif!

Menarik Dibaca: 6 Cara Membakar Lemak Saat Tidur, Mudah dan Efektif!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi