Agar Bisa Naik Kelas, UMKM Harus Terus Melakukan Inovasi



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Usaha mikro, kecil dan menengah  (UMKM) harus memiliki empat pilar agar bisnis mereka bisa tumbuh dan bisa naik kelas. Wakil Menteri UMKM, Helvi Moraza mengatakan, empat pilar tersebut dikenal dengan nama LIDI yaitu loyalitas, integritas, disiplin dan inovasi.

Empat pilar ini merupakan hal yang krusial agar UMKM bisa bertahan berkelanjutan dalam bisnis. "Salah satu misi dari KemenUMKM adalah sustainable karena ini kami juga menjalin kerja sama dengan banyak pihak termasuk dengan Kementerian Investasi untuk bisa membuka pasar di luar negeri,” kata Helvi, dalam penjelasannya di sebuah diskusi, Kamis (12/12).

Dari empat pilar tersebut, inovatif merupakan hal yang sangat penting. Tanpa inovasi akan sulit bagi UMKM untuk bisa naik kelas. "Melalui inovasi, UMKM dapat merespons perubahan pasar, kecepatan menghadapi pasar, menghadapi persaingan yang berujung kepada ketangguhan. Kita tidak bisa lagi secara konvensional menentukan perencanaan kemudian menghitung proses bisnis kemudian mengantisipasi pasar salah satunya ya sudah harus masuk ke tipe form digital,” ujar Helvi.


Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco, Rizky Firdaus mengatakan, Smesco tengah membuat start up hub agar UMKM punya tempat di dunia digital sehingga bisa beraktivitas dengan mudah dan murah. “Nantinya di startup hub kami akan mempunyai podcast studio sehingga para UMKM bisa melakukan live shopping yang sekarang jadi  tren. Selain itu, mereka juga bisa melakukan kampanye secara digital,” ujar Rizky.

Baca Juga: Optimis Penyaluran KUR Bakal Tetap Subur

Smesco juga memberikan layanan kepada UMKM seperti pendaftaan Hak atas Kekayaan Intelektual (HAKI),  sertifikasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)  dan juga sertifikasi halal. Smesco membantu UMKM membuka akses pasar ke dalam dan juga luar negeri.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajar Djkoko Santoso mengungkapkan, Pertamina saat ini memiliki 60.000 UMKM binaan. Menurut dia, UMKM tidak hanya diberikan dana untuk mengembangkan bisnisnya tetapu juga pelatihan. "Kami tidak hanya memberikan dana tetapi juga mengajak mereka untuk ikut pameran sehingga skala usahanya bisa meningkat,” kata Fajar.

Fajar menambahkan, program UMKM dari Pertamina ini bertujuan agar UKMM yang dibina bisa mandiri. Apabila sudah mandiri, kata dia, Pertamina akan mencari UMKM lain untuk dibina. VP Physical Goods Tokopedia, David Kartono menyampaikan, kolaborasi merupakan hal penting yang harus dilakukan untuk memacu kinerja UMKM di Tanah Air. Pasalnya, kolaborasi pula yang membawa Tokopedia bisa seperti sekarang. “Tokopedia semula adalah UMKM. Mulai dari nol. Kami bisa sebesar ini berkat kolaborasi dan bantuan dari berbagai pihak. Jadi, bagi UMKM, kita harus selalu berani membuka kolaborasi,” kata David.  

Selanjutnya: Simak Kurs Dollar-Rupiah di Bank Mandiri Hari Ini Jumat, 13 Desember 2024

Menarik Dibaca: Ini Ide Hiasan Ujung Pohon Natal yang Cantik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ahmad Febrian