Agen travel bergabung hadapi pailit Batavia Air



JAKARTA. Para agen travel yang memiliki simpanan uang deposit di Batavia Air, sepakat membentuk panitia atau perwakilan kreditur Batavia Air. Hal ini dilakukan agar proses pengembalian dana mereka bisa dilakukan secara bersama-sama.

Setidaknya, sudah ada 50 agen travel di Jakarta yang sudah bergabung dalam perwakilan tersebut. Permintaan untuk membentuk perwakilan kreditur ini sesuai dengan saran Hakim Pengawas Pengadilan Niaga Jakarta Pusat pada Jumat (15/2) lalu.

Pembentukan perwakilan kreditur dari agen travel tersebut, inisiatif dari Resi Purwanti, salah satu pemilik agen travel yang datang saat rapat kreditur Batavia Air. Resi lantas mengumpulkan agen travel lainnya yang memiliki simpanan dana pada Batavia Air.


"Itu reaksi spontanitas saja (bentuk perwakilan kreditur), karena saat itu kurator dan hakim menyarankan untuk membuat panitia kreditur," kata Resi yang juga pemilik Barka Travel kepada KONTAN, Rabu (20/2).

Resi menjelaskan, jumlah agen travel yang akan bergabung dalam perwakilan itu akan terus bertambah, mengingat banyak agen travel yang memiliki simpanan uang tiket di Batavia Air. “Total tagihan yang sudah ada belum kami hitung, mungkin ratusan juta," ujarnya.

Resi bilang, pihaknya hanya mewakili para agen travel yang ada di wilayah Jakarta saja. Dia memperkirakan total tagihan utang Batavia Air kepada agen travel yang ada di Jakarta sekitar Rp 1,2 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri