KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bisnis uang elektronik berbasis server semakin menanjak di penghujung tahun. Hal ini tecermin dari semakin bertambahnya pengguna di masing-masing platform. Hal ini tidak terlepas dari upaya para pemain melakukan pemasaran atau marketing yang masif. Hal ini dilakukan guna mengedukasi pengguna uang tunai agar menggunakan uang elektronik. Salah satu bentuk pemasaran yang dilakukan oleh pemain di industri ini adalah memberikan potongan harga atau cashback. Baca Juga: P2P lending Alami Fintek Sharia salurkan pinjaman Rp 70 miliar per November
Ambil contoh Sedangkan PT Visionet Internasional atau yang lebih dikenal sebagai OVO mengakui adanya pertumbuhan Monthly Active User dari Mei 2018 ke Agustus 2019 tumbuh 12 kali. President Director OVO Karaniya Dharmasaputra menyebut hingga saat ini OVO sudah terdapat di 115 juta perangkat. Adapun pengguna OVO sebanyak 87 juta pengguna, sedangkan monthly active user 11 juta hingga 12 juta. Selain itu, transaksi pun meningkat 28 kali lipat dari Mei 2018 ke Agustus 2019. Adapun total payment value menanjak 19 kali lipat. Sedangkan store value fund atau jumlah dana mengendap naik 7 kali lipat.