Agung Laksono: Miss World pakai busana nasional



JAKARTA. Meski menuai protes dari berbagai kelompok masyarakat, ajang Miss World atau putri kecantikan dunia 2013 akan tetap dilangsungkan di Bali.

Keputusan ini diambil pemerintah pasca menggelar rapat koordinasi di Kantor Wakil Presiden Boediono di Jakarta, Sabtu (7/9).

Rapat terbatas kabinet tersebut dihadiri Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono, Kapolri Jenderal Timur Pradopo, dan Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwanda


Kepastian pelaksanaan Miss World 2013 itu diungkapkan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono.

"Pemerintah telah memutuskan Ajang Miss World pada 28 September 2013 dipusatkan di Pulau Bali. Tidak ada yang di luar Bali, mulai dari pembukaan sampai penutupan acara," tutur Agung di dampingi Kapolri Jenderal Timur Pradopo.

Menurut Agung,  keputusan tersebut diambil setelah pemerintah mendengar aspirasi dan protes masyarakat.

Karena itu, dalam pelaksanaan even internasional tersebut, pemerintah meminta untuk dilaksanakan sesuai dengan adat bangsa timur. Dengan kata lain, ajang Miss World harus menghindari hal-hal yang dipandang tidak sesuai dengan norma budaya Indonesia. 

"Misalnya, pemakaian bikini, atau pakaian renang kepada para kontestan itu ditiadakan," tegas Agung.

Bahkan, pemerintah telah mengusulkan kepada panitia penyelenggara, agar dalam ajang tersebut, para peserta menggunakan pakaian daerah nasional masing-masing negara.

Jadi, dalam pelaksanaan ajang Miss World kali ini ada aspek perluasan dari segi berbusana. Namun demikian, pada intinya, pemerintah tetap membolehkan Miss World 2013 digelar.

Seperti diketahui bersama, rencana pergelaran Miss World di Indonesia ditolak sejumlah kalangan. Salah satunya Front Pembela Islam (FPI).

FPI menganggap ajang Miss Universe dan Miss World sama dengan pengumbaran maksiat. Karena itu, FPI tak percaya bahwa penyelenggaraan Miss World 2013 bakal steril dari acara mengumbar aurat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dikky Setiawan