Agung Podomoro siap akuisisi dua perusahaan tahun depan



JAKARTA. PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN) masih terus mengembangkan usahaya dengan cara mengakuisisi perusahaan lain di 2012. Perusahaan properti ini tengah menjajaki peluang akuisisi dua perusahaan properti lagi.

APLN telah menyiapkan pendanaan untuk mewujudkan rencana tersebut. Rencananya, perseroan ini akan menggunakan dana hasil penerbitan obligasi beberapa waktu lalu yang masih tersisa, yakni sekitar Rp 400 miliar.

Namun manajemen APLN masih merahasiakan identitas perusahaan yang bakal diakuisisi. "Masih terlalu dini, masih dalam proses penjajakan," ujar Justini Omar, Sekretaris Perusahaan APLN, kepada KONTAN, pekan lalu.


Pengembang Lindeteves Trade Center di Jakarta ini berharap proses negosiasi bisa rampung awal tahun depan. "Kami tidak mau dana hasil obligasi itu terlalu lama menganggur," imbuh Justini.

APLN belakangan ini memang gencar berekspansi lewat akuisisi. Perseroan ini menandatangani perjanjian pengikatan penjualan saham dengan PT Tiara Metropolitan pada 13 Oktober lalu.

APLN mengakuisisi 99,93% saham perusahaan tersebut senilai Rp 150,37 miliar. Tiara Metropolitan merupakan perusahaan properti keempat yang diakuisisi APLN dengan menggunakan dana hasil penerbitan obligasi I yang dirilis bulan Agustus lalu.

Tiara Metropolitan memiliki lahan seluas 1 hektare (ha) di kawasan Tanjung Duren, Jakarta Barat. Lokasinya berseberangan dengan superblok milik APLN, yakni Podomoro City. APLN berniat mengembangkan lahan ini untuk memperluas Mal Central Park.

"Selain itu, nanti akan dibangun juga apartemen, perkantoran, dan menara untuk universitas," kata Justini.

APLN berpeluang mencetak kinerja positif tahun ini. Di semester satu lalu, marketing sales perusahaan ini mencapai Rp 2,5 triliun, naik sekitar 127% dibandingkan realisasi di semester satu 2010.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dupla Kartini