Agus Marto dan Darmin bisa saja bertukar posisi



JAKARTA. Dengan pencalonan Menteri Keuangan Agus Martowarjodo sebagai Gubernur Indonesia, mau tak mau Presiden Susilo Bambang Yudhoyono harus menyiapkan calon Menkeu baru. Ketua Komisi Keuangan DPR RI Izederik Emir Moeis menduga akan terjadi pertukaran posisi antara Agus dan Darmin Nasution, Gubernur BI saat ini .

 “Mungkin juga juga tukeran tempat. Pak Darmin yang jadi menkeu,” kata Emir di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Senin (25/2).

Selain Darmin, Emir juga sempat menyebutkan beberapa nama lain yang layak menjadi kandidat penggati Menkeu Agus Martowarjodo. Politikus PDI Perjuangan itu menguraikan tak tertutup kemungkinan dua wakil menteri keuangan yaitu Mahendra Siregar dan Any Ratnawati dipilih Presiden. Kata dia, akan lebih mudah untuk mengambil pengganti dari kalangan dalam Kemenkeu dari pada dari luar.  


Namun, itu hanya sebatas saran dari Emir. “Itu hak prerogatif Presiden. Saya nggak ikut-ikutlah kalau mengenai posisi Menkeu,” ujarnya.

Meski belum melihat ada sosok lain yang memiliki kemampuan sekaliber Agus, tetapi Emir mengatakan siapa saja bisa menduduki jabatan tersebut. Ia pun mencontohkan ketika Agus menggantikan Menkeu Sri Mulyani, saat itu ia belum memiliki kemampuan seperti pendahulunya itu, tapi akhirnya bisa.

Sementara itu hingga kini pihak istana masih merahasiakan siapa nama yang disiapkan presiden untuk menggantikan Agus. Menurut staf khusus presiden bidang ekonomi Firmanzah, pada saatnya nanti hal itu akan diumumkan oleh Presiden SBY. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: