Agustus 2010, Kontrak Berjangka Kakao dan Kopi Meluncur



JAKARTA. Selain menggarap pasar fisik CPO, Bursa Berjangka Jakarta (BBJ) akan meluncurkan dua produk baru pada bulan depan. Mereka adalah pasar fisik kakao dan pasar fisik kopi. Adapun pasar fisik kopi terdiri dari dua produk, yaitu kopi robusta dan kopi arabika.

Selanjutnya, BBJ akan mengembangkan kontrak berjangka untuk kedua komoditi tersebut. "Rencananya, Agustus nanti, kami akan mulai kontrak multilateral untuk kakao dan kopi," kata Direktur BBJ Edi Susmadi usai acara sosialisasi pasar fisik CPO di Jakarta hari ini (11/2).

Saat ini, BBJ masih masih menunggu persetujuan Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) untuk kontrak multilateral ini. Selain itu, BBJ juga masih menunggu penyelesaian sistem perdagangan online baru untuk transaksi BBJ. Edi memperkirakan, sistem perdagangan ini akan meluncur pada Agustus 2010.


Beberapa waktu lalu, BBJ memang melakukan tender untuk sistem perdagangan baru. Saat ini, BBJ sudah mendapatkan sistem perdagangan dari vendor asal Inggris dengan biaya US$ 3 juta-US$ 4 juta. "Akhir Februari 2010 nanti, kami akan meneken kontrak untuk pengadaan sistem perdagangan ini," ujar Edi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan