Agya dan Ayla akan bertarung bulan depan



JAKARTA. Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyatakan, saat ini sudah ada produsen mobil murah ramah lingkungan  atau low cost green car (LCGC) yang sudah dalam masa produksi.  Hal itu disampaikan M.S.Hidayat, Menteri Perindustrian di Jakarta, Jumat (19/7).

Karena sudah ada yang produksi, Hidayat yakin, bulan Agustus nanti sudah ada produsen mobil LCGC yang sudah menjual produknya. Menurut Hidayat, pabrikan yang akan menjual mobil LCGC di bulan Agustus tersebut adalah Toyota dan Daihatsu.

"Saya sudah terima pendaftaran resmi Toyota dan Daihatsu. Saya dengar mereka mulai jualan Agustus atau September," jelas Hidayat kepada wartawan di Kementerian Koordinator Perekonomian, Jumat (19/7).


Perlu diketahui, Toyota akan menjual mobil LCGC bermerek Agya, dan Daihatsu akan menjual mobil LCGC dengan merek Ayla. Hidayat bilang, untuk pabrikan lainnya seperti Nissan dan Honda masih menyelesaikan pembangunan pabrik mereka akhir tahun ini.

Hidayat menyatakan, proyek mobil LCGC tersebut adalah untuk proyek nasional yang akan didistribusikan untuk seluruh daerah. "Jadi ini distribusi (mobil LCGC) ke seluruh nasional, karena saya dengar banyak pengamat bilang program ini akan tambah macet Jakarta," ucap Hidayat.

Dalam kesempatan itu, Hidayat meminta Joko Widodo, Gubernur DKI Jakarta membatasi umur kendaraan di Jakarta. Tujuannya, agar tidak banyak mobil yang beredar di Jakarta yang kemudian berimbas kepada penurunan kemacetan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri