KONTAN.CO.ID - Kebutuhan industri hotel, restoran, dan katering (Horeca) Indonesia akan inovasi bahan tambahan pangan guna mempermudah proses produksi meningkat dari tahun ke tahun. Menjawab kebutuhan tersebut, PT AJINOMOTO INDONESIA (Ajinomoto) melalui Horeka Department baru-baru ini telah meluncurkan produk bahan tambahan pangan campuran penstabil daging – “NIKUPLUS”. Untuk lebih memperkenalkan serta merasakan langsung manfaat produk “NIKUPLUS” dalam aplikasi menu makanan, pada Selasa (17/01/2023) Ajinomoto mengajak rekan-rekan media untuk mencoba langsung memasak menu makanan yang menggunakan aplikasi produk “NIKUPLUS” di Studio Dapur Umami, Ajinomoto Head Office – Sunter, dalam acara bertajuk: “Lebih Dekat dengan NIKUPLUS” Pada acara kali ini, turut hadir Ryo Nakamura, Head of Horeca Department – PT AJINOMOTO INDONESIA dan Wisnu Wicaksono, Corporate Chef of Horeca Department – PT AJINOMOTO INDONESIA, yang menjelaskan product knowledge dan manfaat penggunaan produk NIKUPLUS, serta menjelaskan manfaat berbagai produk-produk horeka lainnya.
Produk “NIKUPLUS” merupakan bahan tambahan pangan campuran penstabil daging yang dapat meningkatkan tekstur daging serta stabil selama 4 jam penyimpanan. “NIKUPLUS” dapat diaplikasikan pada berbagai jenis daging seperti ayam, bebek, sapi, dan kambing. Produk ini juga mudah diaplikasikan sesuai dengan kebiasaan memasak di dapur. Ajinomoto melihat banyak masyarakat Indonesia setiap harinya mengkonsumsi berbagai macam protein hewani sebagai menu utama. Selain itu, tingginya permintaan pada industri food service, membuat produk “NIKUPLUS” menjadi solusi sebagai meat improver karena sangat praktis digunakan dengan harga yang cukup terjangkau,” ujar Ryo Nakamura. “Produk ini juga dapat dikombinasikan dengan bumbu lain tanpa merubah rasa dan dapat diaplikasikan dengan mudah pada proses marinasi atau ungkep. Nah rekan-rekan media pada kesempatan kali ini akan dipandu oleh Chef Wisnu untuk merasakan langsung manfaat produk “NIKUPLUS” melalui menu aplikasi Gyukushi. Bagi rekan-rekan media dan para pelaku industri food service di Indonesia yang ingin membeli produk “NIKUPLUS”, produk ini bisa didapatkan di distributor rekanan Ajinomoto, Supermarket grosir, serta E-Commerce Official Store Ajinomoto Indonesia seperti Shopee dan Tokopedia,” lanjutnya. Selain itu menurut Ryo Nakamura, hadirnya produk “NIKUPLUS” ini juga menjadi salah satu kegiatan ASV (Ajinomoto Shared Value) grup perusahaan, yang berkontribusi dalam pemanfaatan sumber daya pangan secara efektif di Indonesia. Dalam acara “Lebih Dekat dengan NIKUPLUS” Ajinomoto menghadirkan Nazhif Gifari, S.Gz, M.Si, Ahli Gizi & Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Esa Unggul, Jakarta. Menurutnya, para pelaku bisnis di industri food service atau horeka juga perlu mementingkan sisi kesehatan dalam mengkreasikan menu makanan atau produk-produk yang dihasilkan, selain tentunya cita rasa yang lezat. “Selain mengutamakan cita rasa yang lezat dalam makanannya, baiknya para pelaku bisnis di industri food service atau horeka memang disarankan mengikuti juga anjuran Kemenkes RI terkait pembatasan penggunaan gula, garam, lemak pada produk-produk dan kreasi menu makanannya,” ucap Nazhif. “Contohnya pada menu pertama yang Chef Wisnu presentasikan ini, Tori no Suimono. Pada menu yang simpel ini turut disertakan sumber protein dari ayam, dan sumber serat juga tersedia dari sayuran seperti brokoli dan wortel. Kemudian penggunaan garam nya juga saya perhatikan tadi lebih sedikit dari biasanya, kemudian ditambahkan dengan AJI-NO-MOTO PLUS. Nah, penggunaan bumbu umami seperti MSG juga menjadi salah satu cara untuk mengurangi asupan garam. Sebab, kandungan natrium dalam MSG hanya sepertiga (⅓) dari kandungan natrium pada garam dapur biasa,” lanjutnya. Grup Ajinomoto Indonesia saat ini sedang meningkatkan literasi dan pengetahuan seluruh karyawannya untuk dijadikan sebagai Health Provider. Health Provider terdiri dari Health provider for Human Being dan Health provider for The Earth, karena Grup Ajinomoto Indonesia peduli terhadap perbaikan kesehatan seluruh masyarakat dan bumi (lingkungan). Tentang PT AJINOMOTO INDONESIA
Ajinomoto merupakan produsen bumbu penyedap makanan terkemuka yang telah mewarnai kehidupan masyarakat Indonesia dengan produk-produk berkualitas tinggi dan mehadirkan kelezatan di setiap masakan konsumennya. Hadir di Indonesia sejak 1969, PT AJINOMOTO INDONESIA (Ajinomoto) berkontribusi untuk kesehatan yang lebih baik bagi keluarga Indonesia dengan membuka kekuatan dari asam amino untuk mengatasi masalah makanan dan kesehatan yang terkait dengan dietary habits and aging melalui kontribusi untuk peningkatan dalam hal makanan, kesehatan dan kehidupan yang bermanfaat. Berpegang pada nilai Ajinomoto Share Value (ASV) yang berfokus pada pilar: health and well being, food resources, dan global sustainability Ajinomoto semakin mengembangkan diri melalui berbagai inovasi produk dan layanan. Melalui slogan globalnya “Eat Well, Live Well’, Ajinomoto terus memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia sekaligus melangkah ke arah bisnis berkelanjutan yang ramah lingkungan. Ajinomoto – di usianya yang ke-53 telah mencetak pencapaian luar biasa yang menandakan kekuatan dan ketangguhan sebuah perusahaan yang dapat memberikan kontribusi besar bagi masyarakat Indonesia. Ajinomoto berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, dengan meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan keluarga Indonesia melalui produk dan layanan berkualitas tinggi yang berfokus pada kelezatan dan kesehatan.
Baca Juga: Ajinomoto Luncurkan NIKUPLUS Solusi Peningkat Tekstur Daging Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti