Ajinomoto bumbui pasar makanan beku di AS



TOKYO. Ajinomoto Co berekspansi ke negeri Paman Sam. Produsen penyedap rasa ini mengakuisisi Windsor Quality Holdings LP senilai US$ 800 juta, menyasar pasar makanan beku di Amerika Serikat (AS).

Ajinomoto hari ini (10/9) mengatakan, berencana memasarkan produknya seperti pangsit dan mie instan lewat jaringan Windsor di Amerika Utara. Ini merupakan langkah perusahaan mencapai penjualan segmen makanan beku sebesar ¥ 100 miliar (US$ 940 juta) di akhir tahun fiskal 2020, dari posisi sekarang ¥ 13,5 miliar.

Akuisisi Windsor yang membuat lumpia dan gyoza ini akan dilakukan akhir November, setelah perusahaan asal Texas ini memisahkan bisnis sosis. Di luar bisnis sosis, penjualan bersih Windsor di tahun 2013 mencapai US$ 670 juta. Ajinomoto bilang, imbas dari pembelian Windsor tidak berdampak material terhadap fiskal tahun 2014 yang berakhir Maret mendatang. 


Selama tiga tahun mendatang, Ajinomoto siap menggelontorkan dana investasi ¥ 300 miliar untuk akuisisi. Juli lalu, Ajinomoto dikalahkan oleh Archer-Daniels-Midland Co ketika berencana membeli produsen bahan makanan asal Swiss Wild Flavors GmbH.

Editor: Sanny Cicilia