KONTAN.CO.ID - Menuju 2030, PT AJINOMOTO INDONESIA (Ajinomoto) bersama dengan seluruh afiliasi dari Ajinomoto Global di seluruh dunia, memiliki 2 tujuan besar untuk dicapai. Pertama adalah memperpanjang harapan hidup sehat 1 milyar orang di seluruh dunia dan kedua adalah mengurangi dampak lingkungan dari kegiatan bisnis kami hingga 50%. Komitmen Ajinomoto dalam mencapai 2 tujuan tersebut diwujudkan dengan mentransformasikan seluruh karyawan sebagai Health Provider. Health Provider Ajinomoto dibekali pengetahuan terkait gizi, kesehatan keluarga dan juga kelestarian lingkungan yang bukan hanya untuk diri sendiri namun bisa dibagikan juga untuk keluarga dan masyarakat Indonesia. “Hari ini kami meluncurkan Program Lingkungan MAPAN (Mitra heAlth Provider AjiNomoto) di Kelurahan Sunter Jaya, Jakarta Utara, yang merupakan salah satu bukti nyata kontribusi langsung kami - Health Provider untuk masyarakat Indonesia, dimulai dari lingkungan sekitar kami.
Program Lingkungan MAPAN ini akan kami laksanakan di tiga kota: Jakarta, Karawang dan Surabaya yang dilaksanakan hingga Maret 2024. Tiga lokasi ini merupakan tempat-tempat terdekat di mana kami berada, yaitu Kelurahan Sunter Jaya di Jakarta, tempat kantor pusat kami berada, Desa Walahar di Karawang, tempat salah satu pabrik kami berada dan di Kelurahan Bulak Banteng di Surabaya, tempat salah satu kantor cabang kami berada. Di Lingkungan Mapan ini, kami akan melaksanakan berbagai kegiatan di bidang kesehatan, lingkungan dan pengembangan ekonomi untuk UMKM Kuliner. Berdasarkan data Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022, prevalensi stunting Indonesia masih berada pada angka 21,6%. Peduli dengan keadaan tersebut di bidang kesehatan, kami melakukan pelatihan dan pendampingan untuk para kader posyandu Puskesmas Kelurahan Sunter Jaya untuk menurunkan angka stunting di Kelurahan ini. Selain itu kami juga mendukung pemberian makanan tambahan untuk balita penderita stunting agar pertumbuhan mereka bisa sesuai standar WHO untuk pertumbuhan anak dan balita sehat beresiko gizi kurang untuk pencegahan stunting.Kami juga mengundang Ketua Program Studi Gizi, Fakultas Teknologi Pangan dan Kesehatan, Universitas Sahid, Bapak Khoirul Anwar S.Gz, M.Si untuk memberikan informasi mengenai pengaturan gizi seimbang yang baik bagi keluarga. Di bidang lingkungan, Health Provider Ajinomoto dari Agricultural Development Department juga memberikan informasi kepada para peserta mengenai pentingnya memilah sampah di rumah serta cara bercocok tanam secara hidroponik dengan menggunakan AJIFOL yang merupakan produk samping pengolahan MSG dari pabrik kami”, ujar Grant Senjaya – Head of Corporate Communications PT AJINOMOTO INDONESIA. Acara hari ini juga menghadirkan Chef Jordhy Aldyan Latif – alumni Master Chef 6 yang membagikan pengalamannya dalam merintis usaha kuliner, yang bisa memberikan inspirasi bagi warga kelurahan Sunter Jaya. Ajinomoto mengajak para warga yang hadir yang berencana memulai usaha kuliner maupun yang sudah memiliki usaha kuliner untuk ikut serta dalam Lomba UMKM Kuliner Ajinomoto. Ajinomoto menyediakan hadiah berupa dukungan dana untuk pengembangan usaha bagi para pemenang Lomba UMKM Kuliner Ajinomoto ini. “Kami berharap, apa yang dibagikan para Health Provider Ajinomoto hari ini dapat diterima dengan baik dan dapat menjadi masukkan berguna serta memberikan nilai tambah bagi warga kelurahan Sunter Jaya dan bagi warga di 2 lokasi Lingkungan MAPAN lainnya. ”, tutup Grant di akhir pembicaraan. Tentang PT AJINOMOTO INDONESIA Ajinomoto merupakan produsen bumbu penyedap makanan terkemuka yang telah mewarnai kehidupan masyarakat Indonesia dengan produk-produk berkualitas tinggi dan mehadirkan kelezatan di setiap masakan keluarga Indonesia. Hadir di Indonesia sejak 1969, PT AJINOMOTO INDONESIA (Ajinomoto) berkontribusi untuk kesehatan yang lebih baik bagi keluarga Indonesia dengan membuka kekuatan dari asam amino untuk mengatasi masalah makanan dan kesehatan yang terkait dengan dietary habits and aging melalui kontribusi untuk peningkatan dalam hal makanan, kesehatan dan kehidupan yang bermanfaat. Berpegang pada nilai Ajinomoto Share Value (ASV) yang berfokus pada pilar: health and well being, food resources, dan global sustainability Ajinomoto semakin mengembangkan diri melalui berbagai inovasi produk dan layanan.
Melalui slogan globalnya “Eat Well, Live Well’, Ajinomoto terus memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia sekaligus melangkah ke arah bisnis berkelanjutan yang ramah lingkungan. Ajinomoto – di usianya yang ke-54 telah mencetak pencapaian luar biasa yang menandakan kekuatan dan ketangguhan sebuah perusahaan yang dapat memberikan kontribusi besar bagi masyarakat Indonesia. Ajinomoto berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi positif kepada masyarakat, dengan meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan keluarga Indonesia melalui produk dan layanan berkualitas tinggi yang berfokus pada kelezatan dan kesehatan melalui kegiatan Health Provider.
Baca Juga: Ajinomoto Beri Literasi Penerapan Produk Samping Industri Pangan & Konsep Bijak Garam Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti