Ajinomoto siapkan dana ekspansi US$ 3,7 miliar dalam 3 tahun



TOKYO. Ajinomoto Co., perusahaan bumbu penyedap masakan asal Jepang ini bakal menghabiskan dana 300 miliar yen atau sekitar US$ 3,7 miliar untuk pengembangan usaha melalui akuisisi dalam tiga tahun ke depan. "Kami akan mengembangkan pasar ke Brasil dan negara-negara di Asia Tenggara. Seperti kami juga sedang mengembangkan pasar di Timur Tengah dan Afrika," kata CEO Ajinomoto Masatoshi Ito. Ajinomoto akan mengincar perusahaan pembuat makanan untuk melakukan penelitian bioteknologi sehingga nantinya bisa meningkatkan keuntungan sebesar 26% dalam tiga tahun ini di luar Jepang. "Sebagian dana ekspansi akan kami dapatkan dari pinjaman," ujar Ito. Edwin Merner, kepala Atlantis Investment di Tokyo berpendapat, Ajinomoto sebaiknya membeli perusahaan yang lebih kecil di negara-negara berkembang seperti Asia, Afrika dan Afrika Selatan lalu berinvestasi untuk membangun perusahaan tersebut," ujar Merner. Ajinomoto terakhir kali melakukan akuisisi pada 2007 dengan membeli tiga perusahaan sekaligus. Ajinomoto membeli 75% saham Calpis Co., dan mengakuisisi New Season Food Inc juga Yamaki Co. Menurut data yang dikumpulkan Bloomberg, Ajinomoto per Maret 2010 memiliki dana tunai sebesar 98 miliar yen. Bulan lalu, Ajinomoto menargetkan bisa meningkatkan keuntungan hingga 87 miliar yen hingga Maret 2014 mendatang. Tahun ini, Ajinomoto menargetkan bisa mendapat keuntungan sebesar 69 miliar yen.


Editor: Rizki Caturini