Akhir Pekan, Bursa Asia Masih Muram



TOKYO. Tekanan dan sentiment negative terus menekan pergerakan indeks di Asia. Alhasil, pagi ini, saham-saham di bursa Asia mengalami kemerosotan. Penurunan terbesar dipimpin oleh saham-saham berbasis perbankan dan teknologi.

Di Australia, National Australia Bank Ltd mengalami penurunan 2,6% setelah Goldman Sachs Group Inc memangkas rekomendasinya terhadap harga saham bank tersebut. Caltex Australia Ltd juga terjun bebas 9,4% setelah mengumumkan adanya penurunan laba sebesar 95%. Di Jepang, Samsung Electronics Co menurun 1,3% akibat adanya penurunan permintaan ekspor dari Amerika Utara.

“Kami melihat adanya sejumlah penyusutan aset dan utang yang besar seiring dengan semakin dalamnya resesi ekonomi. Ini sangat memprihatinkan,” jelas Jason Teh dari Investors Mutual Ltd.


Pada pukul 10.15 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific mengalami penurunan 0,6% menjadi 77,23. Sementara indeks Nikkei melorot 0,7% menjadi 7.504,61. Indeks acuan Australia S&P/ASX 200 mengalami kondisi lebih parah dengan penurunan 12%.

Editor: