KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Mandom Indonesia Tbk (
TCID) terus berupaya meningkatkan pangsa pasar melalui brand baru dan ekspor. Corporate Secretary Mandom Alia Dewi mengatakan, hingga kuartal III 2018, TCID telah menyerap belanja modal alias
capital expenditure sebesar Rp 133 miliar dari total tahun 2018 yang sebesar Rp 200 miliar. "Dana tersebut dipakai untuk investasi mesin dan software," kata Alia kepada kontan.co.id, Kamis (1/11).
Menilik laporan keuangan yang dirilis Selasa (30/10), Mandom mencatat penjualan bersih sebesar Rp 2,05 triliun atau turun 1,35 % ketimbang periode yang sama tahun sebelumnya yang tercatat sebesar Rp 2,08 triliun. Oleh karena itu, agar kinerja kembali positif, perusahaan kosmetik ini terus mengupayakan untuk meningkatkan pendapatan melalui penetrasi pasar dan produk baru. Adapun dalam enam bulan pertama tahun ini, perusahaan telah meluncurkan beberapa produk baru seperti
fragrance dari Gatsby dan
facial foam Gatsby. Sementara pada bulan September kemarin, perusahaan juga meluncurkan produk
base make up terbaru dari Pixy yang terdiri dari Two Way Cake Perfect Last, Concealing Base, BB Cream, dan Loose Powder. "Peluncuran produk-produk tersebut diharapkan bisa mendukung perbaikan kinerja kedepannya. Dan pada kuartal IV akan ada rilis produk baru, tapi saya belum bisa share karena produk belum keluar," tambah Alia.
Berdasarkan pemberitaan KONTAN sebelumnya, Mandom juga berupaya untuk menggenjot ekspor untuk meningkatkan penjualan. Mandom Indonesia masih mengandalkan pasar ekspor di Timur Tengah dan Afrika melalui Uni Emirat Arab. Adapun kontribusi dari penjualan tersebut mencapai 50% dari keseluruhan pasar ekspor. Sampai kuartal III 2018 pendapatan dari ekspor mencapai Rp 557,10 miliar. Atau naik 12% dari periode yang sama di tahun 2017. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Sanny Cicilia