Akhir tahun, ACES menambah lima gerai



JAKARTA. PT Ace Hardware Indonesia Tbk gencar menambah jaringan gerai pada tahun ini. Bahkan hingga akhir kuartal ketiga, perusahaan yang membawahi ritel home improvement dan gaya hidup Ace Hardware telah melampaui target penambahan gerai yang dipatok di awal tahun, sebanyak 15 gerai baru.

Sampai dengan akhir September 2012, peritel modern berkode saham ACES ini telah membuka 17 gerai baru, dengan luas keseluruhan 36.000 meter persegi (m2). Dengan tambahan tersebut, perusahaan sudah memiliki total 71 gerai yang tersebar di 23 kota di Indonesia.

Hubungan Investor Ace Hardware, Imelda Widjojo mengungkapkan, meski sudah melebihi target, namun pihaknya masih akan menambah lima gerai baru sepanjang kuartal IV tahun ini. Satu di antaranya sudah resmi beroperasi Oktober lalu di Lippo Karawaci. Sementara, empat gerai lainnya akan menyusul dibuka pada November-Desember ini.


Itu artinya, hingga penghujung tahun ini, perusahaan menambah sebanyak 22 gerai. Dengan demikian, total gerai Ace Hardware total sebanyak 76 gerai. "Ada beberapa gerai yang harusnya baru buka tahun depan, tapi kami mempercepat prosesnya menjadi tahun ini," tutur Imelda kepada KONTAN, Jumat (2/11).

Sekadar gambaran, luas gerai Ace bervariasi, mulai dari di bawah 3.000 m2 hingga lebih dari 3.000 m2. Setiap 1 m2 membutuhkan biaya sekitar Rp 4 juta.    

Siap bersaing

Imelda mengaku, pihaknya agresif memperbanyak jumlah gerai demi mengantisipasi persaingan. Selain raksasa ritel furniture asal Swedia, Ikea, yang dipastikan hadir di Indonesia pada 2014, masih banyak pemain lain yang melirik. "Tujuan kami ekspansi cepat supaya bisa memegang base pasar  kalau mereka masuk," ungkap Imelda.

Selain gerai Ace, anak usaha Grup Kawan Lama ini juga mengelola ritel mainan Toys Kingdom. Namun ekspansinya masih berjalan sesuai rencana, yaitu membuka lima gerai baru pada tahun ini. Empat di antaranya sudah dibuka hingga kuartal III lalu, sisanya satu gerai lagi akan dibuka di pengujung 2012.

Berkat ekspansi gerai besar-besaran tersebut, Ace Hardware berhasil menorehkan kinerja yang cemerlang sepanjang sembilan bulan di tahun ini. Pada akhir kuartal III-2012, perseroan menorehkan penjualan sejumlah Rp 2,3 triliun, meningkat 34,3% dibanding periode yang sama tahun lalu.

Artinya, hingga September 2012, perseroan telah mencapai 74% dari target penjualan yang dibidik sepanjang tahun ini. Sekadar mengingatkan, perusahaan menargetkan penjulan tahun ini sebesar Rp 3,1 triliun, atau lebih tinggi 29,1% ketimbang realisasi tahun lalu.

Ace Hardware pun berhasil mengantongi laba bersih sebesar Rp 258,7 miliar pada akhir September tahun ini. Jumlah tersebut melonjak 47,3% dari periode yang sama tahun lalu.

Tahun depan, Ace Hardware memasang target pertumbuhan penjualan sebesar 25% dari tahun ini. Untuk mencapai target peningkatan kinerja itu, perseroan siap menambah minimal 15 gerai Ace Hardware dan lima gerai Toys Kingdom. "Kalau bisa melebihi target seperti tahun ini, lebih bagus," sebut Imelda.

Hanya saja, Imelda masih merahasiakan lokasi yang dibidik. Yang jelas, perusahaan mengincar beberapa kota di antaranya terletak di luar Jawa. Untuk memuluskan rencana ekspansi gerai tersebut, tahun depan, Ace Hardware menyiapkan belanja modal atau capital expenditure Rp 150 miliar-Rp 160 miliar.    

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Edy Can