Akibat Berbagai Faktor, Harga Model Toyota Ini Alami Kenaikan di Pasar



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Agen Pemegang Merek (APM) otomotif PT Toyota Astra Motor (TAM) terpantau melakukan penyesuaian harga jual pada sejumlah produk mobil Toyota.

Awal Juli 2023, harga Toyota Avanza untuk varian 1.300 cc mengalami kenaikan Rp 2 juta menjadi kisaran Rp 235,1 juta sampai Rp 249,8 juta untuk OTR Jakarta.

Sebelumnya, bulan Mei lalu harga Toyota Fortuner disebut-sebut naik Rp 6 jutaan. Kini, harga model tersebut dibanderol mulai dari Rp 560,2 juta. Masih di bulan yang sama, Toyota turut mengerek harga jual Yaris GR Sport mencapai Rp 16,45 juta, sehingga harganya sekarang mulai dari Rp 326,1 juta.


Marketing Director Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy menuturkan, ada banyak faktor yang menyebabkan harga mobil Toyota mengalami penyesuaian. Di antaranya adalah perubahan kurs mata uang, inflasi, biaya bahan baku dan produksi, biaya distribusi, dan lain-lain yang pada dasarnya bergerak dinamis.

Baca Juga: Harga Mobil Sigra dan Xenia Naik pada Mei 2023, Simak Penjelasan Daihatsu

Maka dari itu, Toyota terus melakukan studi dan pemantauan terhadap faktor-faktor tersebut tiap kuartalan sebelum menentukan kebijakan harga jual produk.

Di luar itu, harga mobil Toyota juga bisa berubah apabila terdapat peningkatan (improvement) fitur pada produk yang bersangkutan. Contoh model yang mengalami kenaikan harga akibat peningkatan produk adalah Yaris GR Sport.

Toyota pun memastikan kebijakan penyesuaian harga yang dilakukannya sebisa mungkin masih sesuai dengan nilai produk yang ditawarkan dan kondisi permintaan konsumen. 

“Berdasarkan itu, besar harapan kami penyesuaian harga yang terjadi tidak memberi dampak langsung terhadap permintaan konsumen,” jelas Anton, Rabu (5/7).

Baca Juga: Imbas Berbagai Faktor, Harga Sejumlah Mobil Ini Merangkak Naik

Bersamaan dengan penyesuaian harga, Toyota juga tetap menyediakan banyak paket dan program penjualan yang bisa dipilih oleh para konsumen berdasarkan kebutuhan masing-masing.

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota mencatatkan penjualan retail sebanyak 130.738 unit pada Januari-Mei 2023. Khusus di bulan Mei, Toyota mampu menjual 25.791 unit mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi