Akomodasi Tren Pasien, RSIA Bunda Jakarta Hadirkan Layanan Holistik Ibu dan Anak



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memasuki era endemi, terjadi pergeseran tren pada masyarakat yang semakin menjadikan kesehatan sebagai bagian integral dari gaya hidup terkini.

Sebagai upaya untuk mengakomodir tren tersebut, PT Bundamedik Tbk (BHMS) pengelola RSIA Bunda Jakarta yang telah menjadi penyedia layanan kesehatan ibu dan anak terdepan sejak 1973, terus memperkuat transformasi melalui pendekatan healthcare lifestyle.

Kali ini, RSIA Bunda Jakarta melakukan berbagai langkah progresif yang ditujukan untuk meningkatkan kenyamanan pasien.


Diantaranya melalui beberapa hal, di antaranya adalah optimalisasi layanan kesehatan holistik melalui kolaborasi jajaran tim dokter dan tenaga kesehatan yang sudah dikenal publik memiliki jam terbang tinggi dan mumpuni, serta diperkuat inovasi digital, layanan dan fasilitas kesehatan yang unggul dan terintegrasi.

Baca Juga: ​Daftar Rumah Sakit di DKI Jakarta yang Bekerjasama dengan BPJS Kesehatan

Lalu melakukan transformasi “wajah baru” rumah sakit, hingga inovasi fitur OneBunda yang semakin inovatif.

dr. Imelda Rachmawati, MARS, Hospital Director RSIA Bunda Jakarta, mengatakan, bahwa pengalaman dan keahlian RSIA Bunda Jakarta selama 5 dekade dalam menyediakan layanan kesehatan ibu dan anak yang terdepan, telah membuat kami menjadi penyedia layanan kesehatan yang adaptif dan inovatif.

"Kami telah mengikuti berbagai tren dan pergeseran preferensi pasien dalam menggunakan layanan kesehatan dari masa ke masa. Kali ini, memasuki era endemi fokus transformasi kami menekankan pada pendekatan healthcare lifestyle yang akan mendorong perawatan kesehatan yang berfokus pada pencegahan dan kebiasaan hidup sehat, lalu pengurangan prevalensi penyakit, dan efektivitas dalam pengobatan," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Selasa (1/8).

Lebih lanjut, tren dan preferensi pasien dalam memanfaatkan layanan kesehatan ibu dan anak di RSIA Bunda Jakarta juga terus cenderung berubah.

Hal ini turut tercermin terhadap layanan yang paling sering dimanfaatkan oleh pasien ibu dan anak di RSIA Bunda Jakarta yakni layanan Sectio Caesarea, Laparoscopy, Gastroscopy, Sirkumsisi, dan Histeroskopi.

Baca Juga: Bundamedik (BMHS) Sediakan Pemeriksaan Gigi dan Mulut Gratis untuk Anak

Selain itu, seiring tren masyarakat yang semakin peduli dengan kesehatan, diagnosis teratas di RSIA Bunda Jakarta pun mencerminkan upaya kesehatan.

Hal preventif masyarakat yaitu tumbuh kembang anak, nutrisi dan asupan gizi anak, pemeriksaan kehamilan, dan gejala infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) pada anak.

Sebagai penyedia layanan kesehatan ibu dan anak terdepan, RSIA Bunda Jakarta memiliki keunggulan layanan kesehatan holistik yang didukung oleh kombinasi antara berbagai tim dokter spesialis hingga subspesialis dengan teknologi kedokteran modern.

dr. I Gusti Ayu Nyoman Partiwi, Sp.A, MARS, Dokter Spesialis Anak RSIA Bunda Jakarta mengungkapkan tim dokter yang lengkap dan kompeten memiliki peran yang sangat penting dalam memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif dan berkualitas kepada pasien, bahkan untuk menangani kebutuhan khusus pasien sekalipun. Hal ini lah yang menjadi keunggulan RSIA Bunda Jakarta.

Lewat Transformasi RSIA Bunda Jakarta, BMHS Optimis Siap Pimpin Transformasi Digital di Industri Rangkaian transformasi layanan dan fasilitas yang diinisiasi RSIA Bunda Jakarta merupakan bagian dari pengembangan strategi BMHS untuk memberikan layanan kesehatan terdepan.

Baca Juga: Bisnis Non-Covid Sehatkan Bundamedik (BMHS), Kontribusinya Terus Menanjak

Transformasi progresif RSIA Bunda Jakarta ini juga tercermin dari “wajah baru” rumah sakit dan OneBunda, sebuah rantai digital yang menyatukan rangkaian layanan kesehatan yang telah dimiliki BMHS secara berkesinambungan dan memudahkan pasien untuk mengakses informasi dan layanan kesehatan melalui mekanisme omnichannel.

Kali ini, OneBunda hadir semakin inovatif lewat beragam fitur yang dapat diakses pasien secara cepat dan mudah, mulai dari buat janji temu dokter, telekonsultasi, pemesanan dan hasil lab secara digital, dan program loyalti untuk pengguna OneBunda serta buku vaksinasi anak digital dan buku kehamilan digital yang akan ditingkatkan dalam jangka waktu terdekat.

Sejak pertama kali OneBunda diluncurkan pada 31 Maret 2023 dan hingga kini, tercatat 1 dari 3 pasien atau lebih dari 40 ribu pasien telah menjadi pengguna OneBunda.

Capaian positif ini yang mendorong BMHS untuk terus meningkatkan fitur dan layanan OneBunda kedepannya.

Nurhadi Yudiyantho, CEO Group BMHS & Managing Director PT Bundamedik Tbk menjelaskan, usai capai usia 50 tahun, jadi strategi dan fokus utama Perseroan untuk bukukan hasil positif korporasi.

BMHS fokus membangun ekosistem layanan kesehatan terdepan dengan berorientasi pada teknologi kesehatan modern, diantaranya melalui OneBunda yang dapat memudahkan pasien untuk pendaftaran online, hasil tes online dan sebagainya sehingga pasien dan seluruh anggota keluarganya dapat lebih efisien dan praktis untuk menikmati layanan kesehatan.

Baca Juga: Tambah 4 Rumah Sakit Baru, Bundamedik (BMHS) Bidik Pendapatan Tumbuh 23% Tahun Ini

Serta transformasi RSIA Bunda Jakarta yang menjadi pengembangan strategi layanan terbaru kami untuk melayani dan mengakomodasi kebutuhan pasien.

"Kami berharap bahwa seluruh inovasi dalam ekosistem BMHS diharapkan dapat mendukung transformasi digital di sektor kesehatan Indonesia," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto