Akrabkan GenZ &Industri Halal,Kemenperin Hadirkan TalkShow di Industrial Festival2024



KONTAN.CO.ID - Kementerian Perindustrian terus mendukung perkembangan sektor industri manufaktur dalam negeri, termasuk melalui peningkatan pengetahuan bagi masyarakat mengenai kebijakan dan kinerja sektor industri. Salah satu langkah yang tengah dijalankan adalah mendekatkan generasi muda dengan isu seputar industri, dengan tujuan memperkenalkan sektor industri yang tidak bisa dilepaskan dari kehidupan di masyarakat sehari-hari dan berkontribusi bagi bergeraknya ekonomi.

Upaya ini dituangkan melalui penyelenggaraan Industrial Festival 2024 pada 26-29 September mendatang di Hall 9 dan 10 Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City, Tangerang, dalam rangkaian Pameran Halal Indonesia (Halal Indo) 2024.

Kemenperin telah menyiapkan rangkaian kegiatan dengan konsep kreatif dan menarik yang menyasar generasi muda, khususnya gen Z, sebagai stakeholder yang berkontribusi besar terhadap perkembangan industri, terutama di masa mendatang.


“Kegiatan Industrial Festival ini juga merupakan upaya untuk mendorong kolaborasi para pelaku industri, pemangku kebijakan, dan publik secara umum. Tak kalah penting, bertujuan pula untuk mempromosikan dan memperkuat brand image Kementerian Perindustrian sebagai bagian dari ekosistem di dalam negeri,” tutur Sekretaris Jenderal Kementerian Perindustrian Eko SA Cahyanto di Jakarta, Rabu (25/9).

Sederet nama influencer dan pengusaha muda akan menjadi pembicara dalam talk show, seperti Zaskia Adya Mecca yang akan membagikan tips memanfaatkan marketplace bertema How to Gain Profit through Market Place.

Selanjutnya, talk show terkait kosmetik halal bertema Cosmetic Halal to Win the Market oleh Nadhea Tanjung, Why Halal Matters oleh Ricky Harun, How Young Minds Shape the Industry oleh Ahmad Risyad, Textile & Apparel Industry and Muslim Fashion oleh Aisyahrani, dan How Technology is Elevating the Halal Industry oleh Deryansha.

Di sela-sela acara, pengunjung akan disuguhkan hiburan dari artis kalangan muda diantaranya Idgitaf, Feby Putri Nilam Cahyani, juga Nadhif Basalamah.

“Selain talk show, rangkaian kegiatan menarik lainnya turut dapat pengunjung hadiri meliputi workshop, layanan Konsultasi Halal, dan pop-up market yang menjual berbagai produk dalam negeri untuk mendukung produk lokal,” jelas Sekjen Kemenperin.

Ia menyebutkan, Industrial Festival 2024 akan dilaksanakan dalam tiga kali penyelenggaraan. Pada kesempatan pertama, Industrial Fest 2024 berkolaborasi dalam Halal Indo dengan total lebih dari 500 perusahaan yang berpartisipasi. Halal Indo 2024 sendiri menargetkan kehadiran 15.000 pengunjung dari lebih dari 35 negara yang akan berpeluang meningkatkan kerja sama maupun investasi pada ranah industri halal. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menghubungkan industri halal di seluruh dunia.

Sedangkan untuk penyelenggaraan Industrial Festival 2024 yang kedua nanti, Kemenperin akan berkolaborasi dengan Yayasan Batik Indonesia dalam memperingati Hari Batik Nasional (HBN) 2024.  Kegiatan tersebut akan dilaksanakan di Grand Atrium Mal Kota Kasablanka Jakarta pada 2 - 6 Oktober 2024, bertepatan dengan perayaan Hari Batik Nasional.

Kemenperin akan berpartisipasi menampilkan kembali tunnel interaktif yang berisi edukasi mengenai batik nusantara, juga talk show mengenai pengembangan industri batik, community engagement, fasilitasi booth pameran IKM, fun walk, dan aktivitas menarik lainnya.

Adapun Industrial Festival 2024 ketiga rencananya akan digelar pada November 2024 dan dipersiapkan menjadi puncak dari rangkaian kegiatan festival tersebut.

Baca Juga: Manfaatkan Bonus Demografi, Kemenperin Bidik Gen Z Ikuti Diklat 3in1

Selanjutnya: WEGE Raih Silver Winner di Media Relations Award SPS 2024

Menarik Dibaca: Dukung Kebutuhan Gizi Anak, JAPFA Kolaborasi dengan PKGK UI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
TAG: