Akses pendidikan tidak merata penyebab urbanisasi



JAKARTA. Pegiat pendidikan Anies Baswedan menyebut keterbatasan akses pendidikan di daerah menjadi pangkal dari derasnya arus urbanisasi.

"Yang menjadi persoalan, di Jabodetabek jumlahnya sudah proporsional, tapi jangan kita mengatakan hanya bicara urban. Justru diluar urban itu kita punya masalah dan itu yang menyebabkan migrasi ke Jakarta," ujar Anies di Kampus UI Depok, Rabu (30/10/2013).

Ia mengatakan masyarakat memang didorong untuk melakukan urbanisasi, karena keterbatasan fasilitas di daerah. Itulah sebabnya warga desa berbondong-bondong datang ke Jakarta sehingga menjadi begitu padat.

"Di kampung tak ada pekerjaan. Sudah lengkap tuh membuat Jakarta lebih macet. Calon bupati, calon gubernur banyak berjanji pendidikan, bagus itu, harus terus didorong, kalo pernah janji, youtubekan dan direkam nanti tagih," tukasnya.

Ia menilai akses pendidikan harus dibuka seluas-luasnya bagi seluruh masyarakat. Hal ini tentu harus disokong dengan penyediaan fasilitas yang mendukung program tersebut. "Kalau sekolah hanya di ibukota kecamatan, maka yang jauh kan jadi nggak bisa sekolah," tandasnya. (Tribunnews.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan