Aksi jual TLKM paling membebani penurunan IHSG 1,3%



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok sampai 1,3% atau sekitar 80 poin pada perdagangan Selasa pagi ini (31/7). Indeks kembali meninggalkan level psikologis dan berkutat di level 5.950. 

Analis Panin Sekuritas William Hartanto melihat, penurunan indeks pagi ini dampak aksi ambil untung investor, terutama di saham pertambangan dan infrastruktur. Sekadar tahu, IHSG memang sudah melaju selama tujuh hari perdagangan berturut-turut. 

“Dari sektor infrastruktur, paling dalam terjadi di TLKM, saya perhatikan laporan keuangannya menurun secara tahunan atau year on year. Saya kira ini alasannya mengapa harganya turun,” ujar William kepada Kontan.co.id, Selasa (31/7).

PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) mengumumkan penurunan laba 26% akibat kenaikan beban operasi dan perawatan yang sampai 24%. Sementara pendapatannya selama semester I 2018 hanya naik 5%. 

Hari ini, TLKM menjadi mover terberat bagi IHSG. Penurunan sahamnya pagi ini mencapai 6,39% menjadi 3.660 per saham, menghapus bobot IHSG sebesar 22,6 poin.

Penurunan Telkom menyeret sektor infrastruktur menjadi yang terlemah di antara sembilan sektor lainnya. Penurunan sektor infrastruktur mencapai 3,59% pagi ini, mengutip RTI. Tapi, William tetap melihat ada peluang bagi IHSG untuk menguat. “Selama masih di atas 5.950, IHSG masih berpotensi ditutup menguat,” tutup William.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sanny Cicilia