Aktivitas Belanja Masyarakat Meningkat, Sejumlah Emiten Diuntungkan



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Aktivitas belanja masyarakat meningkat memasuki bulan Ramadan tahun ini dibandingkan pada bulan Ramadan 2023 lalu. Hal itu terlihat banyaknya warga yang mengunjungi sejumlah kawasan grosir.

Analis NH Korindo Cindy Alicia Ramadhania dalam riset 20 Maret 2024 memaparkan, di tengah kenaikan inflasi harga pangan (volatile food) di level 8,47%, adanya THR mampu mendongkrak kenaikan konsumsi masyarakat. 

"Ditambah dengan normalnya aktivitas masyarakat, hal ini akan tampak pada kenaikan jumlah kunjungan masyarakat ke pusat perbelanjaan," ungkapnya dalam riset hari ini, Rabu (20/3).


Menilik data penjualan retail Indonesia tiga tahun ke belakang saat bulan Ramadan, tercatat di level positif di antaranya pada April 2021 sebesar 15,6%, April 2022 sebesar 8,5%, dan April 2023 sebesar 1,5%. 

Adapun untuk tahun 2024 ini, penjualan retail Indonesia periode Januari 2024 tercatat tumbuh 1,1% YoY. Penjualan retail ditopang oleh meningkatnya pertumbuhan penjualan pada kelompok perlengkapan rumah tangga lainnya sebesar 58% YoY, serta kelompok suku cadang dan aksesori yang tumbuh sebesar 9,8% YoY.

"Kenaikan konsumsi ini tentu memberikan harapan akan peningkatan kinerja emiten ritel pada kuartal I-2024," tuturnya.

Baca Juga: Aktivitas Belanja Masyarakat Meningkat, Simak Rekomendasi Saham MAPA, MAPI & ACES

Analis Kiwoom Sekuritas Indonesia Abdul Azis Setyo Wibowo mengatakan, kembali normalnya mobilitas membuat masyarakat lebih tertarik untuk belanja di toko dan adanya promo-promo yang diberikan penjual juga menarik perhatian konsumen.

"Menurut kami hal ini bisa berdampak ke emiten ritel pakaian, makanan, dan barang rumah tangga," kata Azis kepada Kontan.co.id, Rabu (20/3).

Azis merekomendasikan trading buy pada saham MAPA dengan target harga Rp 1.145-Rp 1.170 per saham dan trading buy pada saham ACES dengan target harga Rp 980-Rp 1.005 per saham.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati