Aktivitas belanja online produk halal meroket di tengah pandemi



KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Di tengah pandemi Covid-19, Bank Indonesia (BI) melihat adanya ekspansi aktivitas belanja online produk halal di Indonesia. 

Menurut catatan BI, dalam periode Mei 2020 hingga Desember 2020, nominal transaksi produk halal lewat e-commerce marketplace tumbuh 49,52% year on year (yoy) dibandingkan pertumbuhan pada periode yang sama tahun sebelumnya. 

Lonjakan transaksi terjadi pada Mei 2020. Pada bulan tersebut, transaksi produk halal lewat e-commerce marketplace tercatat tumbuh 7,25% yoy. 


“Ini bertepatan dengan puasa Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 2020. Di tengah pembatasan arus mudik dan pengurangan hari libur sepanjang hari raya Idul Fitri,” tulis BI dalam Laporan Ekonomi dan Keuangan Syariah (LEKSI) 2020. 

Baca Juga: Jurus sejumlah fintech P2P lending menekan NPL pada tahun ini

Transaksi produk halal lewat e-commerce marketplace didominasi produk fesyen. Secara total, di sepanjang tahun 2020 transaksi produk halal didominasi oleh produk fesyen dengan pangsa mencapai 86,63%. 

Program pembatasan aktivitas berdampak pada pergeseran metode belanja ekspor fesyen sepanjang tahun lalu. Pertumbuhan penjualan produk fesyen secara online pada masa pandemi bahkan relatif kontras dengan penjualan secara offline. 

Indeks penjualan riil kategori sandang pada tahun 2020 yang termoderasi, menunjukkan anjloknya penjualan ritel fesyen secara offline. 

Selanjutnya: ​Ini syarat dapat sertifikat halal gratis bagi UMKM

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli