Akuisisi NETV, MD Entertainment (FILM) Makin Yakin Hadapi Persaingan Bisnis Film



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT MD Entertainment Tbk (FILM) percaya diri dengan prospek bisnisnya di industri film pada sisa tahun ini. Perusahaan tersebut belum lama ini mengakuisisi PT Net Visi Media Tbk (NETV) atau Net TV.

Dalam catatan Kontan, akuisisi Net TV oleh FILM bernilai transaksi sebesar Rp 1,65 triliun dan telah mendapat restu melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) yang digelar pada 8 Oktober lalu. Proses akuisisi ini diperkirakan dapat selesai dan berlaku efektif pada 28 Oktober 2024 nanti.

Manajemen MD Entertainment menyebut, dengan adanya akuisisi ini, secara tidak langsung akan menambah kegiatan usaha emiten tersebut dalam industri media dan hiburan, khususnya penyiaran televisi. Aksi korporasi ini juga akan memungkinkan MD Entertainment menjadi salah satu pemain kompetitif di pasar media dan hiburan Indonesia.


Net TV pun diperkirakan dapat berkontribusi sekurangnya 20% dari total pendapatan MD Entertainment pada masa mendatang.

Baca Juga: Akuisisi NETV Ditargetkan Rampung pada Akhir Bulan Ini

Lebih jauh, MD Entertainment akan meningkatkan akses kepada saluran distribusi televisi seiring adanya akuisisi terhadap Net TV. Di sisi lain, Net TV akan mendapatkan akses kepada kapabilitas produksi MD Entertainment.

"Kami yakin di masa mendatang hal ini turut mendukung peningkatan penjualan kami dalam konten-konten di saluran distribusi televisi,” ujar Manoj Punjabi, Direktur Utama MD Entertainment dalam keterangan resmi, 8 Oktober lalu.

Di luar aksi korporasi, Manajemen MD Entertainment bakal terus mengedepankan inovasi dan kualitas dalam setiap proyek yang dikerjakan oleh rumah produksi film dan serial tersebut.

MD Entertainment mengklaim memiliki kemampuan untuk memproduksi film dan serial dengan standar internasional melalui penggunaan teknologi produksi terkini dan kerja sama dengan talenta terbaik di industri film nasional.

“Keunggulan utama kami adalah kemampuan bercerita yang kuat dan memadukan nilai-nilai lokal dengan pendekatan yang relevan secara global,” kata Chief Marketing Officer MD Entertainment Astrid Suryatenggara, Senin (14/10).

Tidak hanya itu, MD Entertainment juga terus beradaptasi dengan preferensi penonton film/serial yang dinamis, baik di layar lebar maupun di platform streaming. Hal ini dapat memberi perusahaan fleksibilitas untuk menjangkau audiens yang lebih luas.

Baca Juga: Mau Diakuisisi Net Media (NETV) Siap Gelar Reverse Stock Split & Private Placement

Menjelang akhir tahun, MD Entertainment memiliki beberapa judul film yang siap dirilis. Terdekat, mereka akan merilis film ‘Perewangan’ yang disutradai oleh Awi Suryadi dan akan tayang pada 24 Oktober 2024.

“Film ‘Perewangan’ juga sudah bekerja sama dengan EST N8 Studios untuk keperluan distribusi internasional,” imbuh dia.

Selain itu, MD Entertainment akan merilis ‘Sorop’ yang disutradarai oleh Upi pada 19 Desember mendatang. MD Entertainment pun telah menggandeng Barunson E&A untuk distribusi internasional film tersebut.

Selanjutnya: PAN dapat Jatah 3 Wamen di Kabinet Prabowo-Gibran

Menarik Dibaca: Alasan Tanaman Laba-laba Jadi Favorit Kucing Peliharaan di Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari