Alasan Makanan Panas Tidak Boleh Langsung Dimasukkan Dalam Kulkas



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ingin menyimpan makanan untuk dinikmati nanti? Jika suhu makanan masih panas, janganlah langsung dimasukkan ke kulkas. 

Terdapat istilah "temperature danger zone" atau, secara harfiah, artinya zona bahaya suhu. Kisarannya dari 4 derajat celsius sampai 60 derajat celsius. 

"Bakteri yang berpotensi berbahaya tumbuh paling baik pada suhu ini, itulah namanya. Semakin lama makanan Anda berada dalam kisaran (suhu) ini, semakin besar potensi pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit makanan," jelas pemilik Holistic Health RD, LLC, Stephanie Crabtree, MS, RD, dikutip dari Real Simple, Sabtu (26/10/2024).


Jika memasukkan makanan panas langsung ke dalam kulkas, makanan tersebut bisa menaikkan suhu makanan dan minuman lainnya yang sudah ada di dalam kulkas. Akibatnya, seluruh makanan dan minuman di kulkas bisa berada dalam temperature danger zone, dilansir dari laman Michigan State University Extension. 

Baca Juga: 6 Jus & Smoothie yang Bisa Bikin Jantung Sehat

Selain itu, kulkas pun akan bekerja lebih keras dan menggunakan banyak energi guna mempertahankan suhu yang dingin.

Cara mendinginkan makanan dengan cepat

Kalau tidak disarankan memasukkan makanan panas ke kulkas, lantas bagaimana cara mendinginkan makanan panas dengan cepat? 

Ada beberapa cara untuk mendinginkan makanan panas. Salah satunya dengan memindahkannya dari wadah asalnya ke wadah lain yang lebih besar.  

Tidak hanya itu, kamu bisa membaginya ke beberapa wadah makanan atau, jika makanannya berukuran besar, potong-potonglah menjadi beberapa bagian kecil.  

Jika makanan masih panas atau cukup hangat, tempatkan wadah makanan tersebut ke wadah yang lebih besar yang sudah diisi es batu dan air dingin. 

Aduk secara perlahan agar suhu makanan cepat turun. Apabila makananmu berkuah, kamu bisa menambahkan es batu dan aduklah agar suhunya turun.

Baca Juga: Resep Cara Membuat Rebusan Daun Binahong dan Manfaatnya

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenapa Makanan Panas Tidak Boleh Masuk Kulkas?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2024/10/26/143400675/kenapa-makanan-panas-tidak-boleh-masuk-kulkas-.

Selanjutnya: Kemenperin Fasilitasi Industri Alkes Indonesia Suntik Pasar Afrika

Menarik Dibaca: Rekomendasi 7 Tontonan Spanyol Populer di Netflix, Terbaru Ada The Platform

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati