Alasan Prabowo Ajak Menteri ke Akmil Magelang



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Prabowo Subianto menyatakan, menteri dan kepala lembaga Kabinet Merah Putih diajak ke Akademi Militer (Akmil) Magelang untuk membentuk kerja sama tim yang baik. 

Hal ini ditekankan Prabowo dalam sidang paripurna perdana Kabinet Merah Putih di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (23/10/2024). 

"Saya sangat mengutamakan kerja sama sebagai tim. Untuk itu, dalam waktu dekat saya akan mengajak saudara ke Magelang di mana kita akan melaksanakan beberapa hari menambah pembekalan," kata Prabowo, Rabu. 


"Kemudian kita akan adakan koordinasi-koordinasi di tempat di Magelang, Jawa Tengah, kawasan Akademi Militer," imbuh dia. 

Menurut Prabowo, kegiatan di Akademi Militer akan membawa banyak manfaat.

Baca Juga: Prabowo Minta Menteri Kurangi Kegiatan Seremonial Hingga Perjalanan Dinas

Terlebih, wilayah tersebut merupakan saksi bisu perjuangan bangsa melawan penjajah sejak ratusan tahun lalu. 

"Magelang merupakan suatu sentra perlawanan kita terhadap penjajah mulai ratusan tahun dikenal sebagai darah perjuangannya Pangeran Diponegoro di antara 5 gunung itu, saya kira cukup membawa suatu aura tradisi keberanian, tradisi heroisme, tradisi cinta tanah air," ujar dia. 

Mantan Menteri Pertahanan ini menyebutkan, ujian melawan penjajah dan merebut kemerdekaan berada di daerah-daerah, meski proklamasi lahir dan dibacakan di Jakarta. 

Prabowo pun mempersilakan menteri dan kepala lembaga segera membentuk tim agar mampu bekerja cepat, meski baru dilantik dua hari lalu. 

Ia menekankan, penyusunan tim sangat penting karena tim yang baik dan mampu bekerja sama akan memudahkan untuk mencapai target-target yang ditentukan. 

"Saudara saya persilakan secepat mungkin, terutama bagi menteri-menteri yang baru, silakan konsolidasi sendiri, mengatur sendiri, secepat mungkin administrasi saudara dan tim saudara di kementerian dan badan masing-masing," kata Prabowo. 

Menurut rencana, para anggota Kabinet Merah Putih akan mengikuti retret di Akmil Magelang mulai Kamis (24/10/2024) besok. 

Menteri Sekretaris Negara Prasetyo Hadi mengatakan, para menteri dan wakil menteriakan mendapat penjelasan perihal program kerja prioritas pemerintah dalam acara tersebut. 

"Ini kan belum semua juga saling mengenal dengan jumlah kementerian yang bertambah dari periode yang lalu. Tentu membutuhkan kerja sama yang erat. Oleh karena itulah, Pak Prabowo mempercepat proses kerja samanya itu dengan kita sering-sering dikumpulkan," ujar Prasetyo, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Prabowo: Yang Tak Mendukung Makan Bergizi Gratis, Silakan Keluar dari Kabinet

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Prabowo Ungkap Alasan Boyong Menteri ke Akmil Magelang", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2024/10/23/17011641/prabowo-ungkap-alasan-boyong-menteri-ke-akmil-magelang.

Selanjutnya: Mobil Kepresidenan dari Masa ke Masa, Mercy Jadi Favorit Presiden

Menarik Dibaca: Kupas Isu Keberlanjutan Hingga Kesenjangan di DBS Foundation Bestari Festival

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati